Pj Gubernur Aceh Tunjuk Sekda Jadi Plh Bupati Abdya, Sinyal Pelantikan Pj Bupati Ditunda?

SK Kemendagri terkait Pj Bupati Abdya kabarnya belum kunjung keluar
Hingga berita ini ditulis, Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penunjukan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) kabarnya belum kunjung keluar.

Tangkapan layar surat kawat Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki soal penunjukan Plh Bupati Abdya. Foto: Twitter/@gibran_tweet.

BANDA ACEH - Tapi, berita terkait siapa nama Pj Bupati Abdya yang akan dilantik sudah menyebar di berbagai media online lokal Aceh. Diantaranya adalah Darmansyah.

Nama lain yang juga disebut dalam beberapa media online adalah Mahdi Effendi dan Azhari. Bahkan di menit-menit terakhir nama Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRK Aceh Selatan Darwis juga disebut akan dilantik sebagai Pj Bupati Abdya.

Tapi hingga malam hari, surat dari Kemendagri terkait nama Pj Bupati Abdya kabarnya belum kunjung keluar. Sementara keesokan harinya, Sabtu masuk hari libur.

Tak pelak, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki langsung menerbitkan surat kawat.

Dalam surat bernomor 131.11/12242 yang ditembuskan ke Mendagri, Ketua DPR Aceh, Ketua DPRK Abdya yang beredar malam ini di sejumlah grup WhatsApp, Pj Gubernur Aceh menunjuk Pelaksana Harian atau Plh untuk menghindari kekosongan jabatan Bupati Abdya.

"Terhitung mulai tanggal 14 Agustus 2022 sampai dan adanya pelantikan penjabat Bupati Abdya atau kebijakan lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan," bunyi salah satu penggalan dari surat kawat tersebut.

Sebelumnya, direncanakan pelantikan Pj Bupati Abdya akan digelar berbarengan dengan Pj Bupati Bireun pada Senin, 15 Agustus 2022 di Banda Aceh.