Mengenal Dolomani, Baju Adat Khas Buton Yang Dikenakan Presiden Jokowi Saat Upacara Di Istana

Kebudayaan dan Nasional
Pada hari Rabu, 17/8/2022, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengenakan baju adat Dolomani yang merupakan baju adat khas Buton, Sulawesi Tenggara. Pada saat menghadiri Upacara Peringatan kemerdekaan RI yang ke 77 di Istana.

Presiden Jokowi. Foto: instagram/@jokowi. 

Times.id - Presiden Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke-77 di Istana Merdeka Jakarta.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," Ucap Jokowi kepada para wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 17/8/2022.

Baju adat Dolomani yang dikenakan oleh Presiden Jokowi didominasi dengan warna merah dan putih. Sedangkan bagian dalam baju bewarna putih, dan luarnya warna merah.

Jokowi juga mengenakan peci bewarna merah. Selain itu juga penampilan Jokowi pada upacara tersebut dilengkapi dengan kain di bagian bawahnya. Sementara itu, baju adat Buton yang dikenakan ibu negara Iriana didomonasi warna biru. Terlihat Iriana penampilannya terdapat dengan hiasan kepala berupa mahkota yang bewarna kuning emas.

Filosofi sejarah dari baju adat Dolomani dari Buton yang digunakan Presiden Jokowi

Baju yang aslinya pakaian kebesaran dari Sultan di Buton Sulawesi Tenggara, yang merupakan Kesultanan terbesar di Nusantara yang masih bertahan hingga hari ini.

Mengulik dari warna asli baju adat Dolomani adalah warna hitam dan corak putih, namun karena momen kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, baju tersebut dipesan khusus dengan balutan warna merah dan putih.

Baju adat Dolomani ini merupakan baju favorit Sultan Buton ke- 35 yaitu Muhammad Ali. Yang sering digunakannya dalam momen-momen penting di Kesultanan Buton, semisal acara adat yang melibatkan pejabat Kesultanan dan masyarakat di zaman dahulu.

Baju adat Jokowi yang dikenakan di istana saat perayaan kemerdekaan ke-77 RI dijahit oleh Husain salah seorang perajin lokal di Kota Baubau. Husain yang hanya memiliki waktu 2 hari untuk menjahit baju yang akan dikenakan oleh Presiden Jokowi.