Menabrak Truk Dengan Kecepatan Tinggi, Ini Penyebab Hermanto Dardak Kecelakaan Hingga Meninggal

Mobil Innova yang ditumpangi Hermanto Dardak menabrak Truk Hino yang berada di depannya
Mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum di Era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Achmad Hermanto Dardak menghembuskan nafas terakhir usai mengalami kecelakaan di ruas jalan Tol Pemalang Batang, Jawa Tengah, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Achmad Hermanto Dardak. Foto: Wikimedia Commons

JAKARTA - Insiden kecelakaan tersebut sudah dikonfirmasi oleh pihak kepolisian melalui Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi Iqbal Alqudusy.

Ia menyebut, kecelakaan itu melibatkan satu mobil Innova dan satu truk.

"Mobil Innova itu ditumpangi oleh Bapak Hermanto yang dikendarai oleh supirnya Angga Saputra, sedangkan mobil truk Hino dikendarai oleh Siswoyo," ujar Iqbal dalam keterangan resmi pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

Iqbal juga menyebutkan, bahwa kecelakaan itu diduga karena sopirnya Hermanto Dardak mengantuk hingga menabrak truk yang berada didepannya.

"Sesampainya di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Pengemudi mobil Innova hilang konsentrasi karena mengantuk sehingga menabrak bagian belakang Truk Hino yang berada di depannya," ungkap Kabid Humas Polda Jawa Tengah.

Lebih lanjut Iqbal mengatakan, mobil yang membawa Achmad Hermanto Dardak itu melaju dengan kecepatan tinggi, yaitu 100 KM per jam. Sehingga tabrakan itu membuat mobil Innova mengalami rusak berat dibagian depan dan samping kiri.

Terakhir, Iqbal Alqudusi menegaskan bahwa jalan disekitar TKP dalam kondisi bagus, jadi kecelakaan itu murni disebabkan karena sopir dalam keadaan mengantuk sehingga diduga hilang konsentrasi.

"Secara teknis kondisi jalan baik dan tidak terdapat kerusakan atau lubang, kecelakan disebabkan karena sopir mobil Innova mengantuk," tegas Iqbal.

Usai kejadian, Hermanto Dardak dan supirnya langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Aro, Jawa Tengah. Namun, Nyawa dari mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum itu tidak dapat diselamatkan. Sedangkan Supirnya Angga Saputra hanya mengalami luka ringan dan mendapatkan perawatan jalan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Achmad Hermanto Dardak yang merupakan ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur itu dikabarkan meninggal dunia tadi pagi usai mengalami kecelakaan di jalan Tol Pemalang Batang, Jawa Tengah.

Bahkan, menurut informasi yang dilansir dari beberapa sumber, almarhum termasuk salah satu yang ikut berperan dalam merencanakan pembangunan jalan tol tersebut, yang kini menjadi tempat ia menghembuskan nafas terakhirnya.