Kapolri Buka Suara Terkait Motif Pembunuhan Brigadir J

Kapolri sudah mengantongi keterangan Ferdy Sambo terkait motif pembunuhan Brigadir J
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi sedikit bocoran bahwa dirinya sudah mengantongi motif Ferdy Sambo membunuh Brigadir J. Pernyataan tersebut disampikan saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI di Senayan pada Rabu, (24/8/2022).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers bersama Komisi III DPR RI. Foto: tangkap layar youtube @DPR RI.

JAKARTA- Meskipun Kapolri sudah mendapatkan keterangan terkait motif Ferdy Sambo dalam kasus ini, Sigit masih memerlukan keterangan dari istri tersangka Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"kami sementara sudah mendapatkan keterangan dari saudara FS (Ferdy Sambo). Namun, kami juga ingin memastikan sekali lagi untuk memeriksa ibu PC (istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi), sehingga nanti yang kami dapat, apalagi pada saat posisi beliau jadi tersangka, apakah berubah atau tidak?. Dengan demikian, kami bisa mendapatkan satu kebulatan terkait dengan masalah motif,"sebut Sigit.

Dalam rapat gelar pendapat tersebut, Kapolri dihujani banyak pertanyaan oleh anggota Komisi III DPR RI, salah satu pertanyaan yang menonjol datang dari seorang anggota Komisi III DPR RI yaitu Habiburokhman, ia meminta kapolri membeberkan motif Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadirnya.

Menurutnya, selama ini Kapolri enggan untuk menginformasikan terkait motif Ferdy Sambo ke hadapan publik, malah memberikan penyataan, soal motif akan disampaikan di pengadialan.

"Soal motif dan latar belakang Pak Kapolri, bagi kami ini agak menjadi ganjalan. Selama ini yang menjadi referensi hanya pernyataan Ferdy Sambo bahwa itu terkait harkat dan martabat keluarga. Padahal kan di situ ada saksi-saksi lain yang bisa memberikan informasi awal ke publik," sebut Habiburokhman saat menghadiri RDP bersama Kapolri, Rabu, (24/8/2022).

Desakan untuk mengungkapkan motif terus di pertanyakan oleh Habiburokhman, ia menilai motif Sambo dalam menghilangkan nyawa Brigadir J perlu di ungkapkan sekarang, meskipun nanti akan dibuka saat persidangan.

Motif Ferdy Sambo saat ini suda menuai isu yang tidak tepat, seperti isu bungker dirumah tersangka Ferdy Sambo dan lainya.

"Akan bagus mulai di-sounding Pak. Karena berkembangnya ke mana-mana. Bahwa penembakan dipicu karena misalnya masalah yang lebih besar, ingin membongkar perkara yang lebih besar dan lain sebagainya, termasuk soal bungker-bungker itu yang jadi viral. Saya gak ngerti itu uangnya monopoli atau beneran," sebut Habiburokhman.

Penjelasan terkait motif Ferdy Sambo tidak dijelaskan secara terbuka. Menurut Habiburokhman motif ini menimbulkan spekulasi atau dugaan liar di tengah masyaralat.