Jangan Tertipu, Ini Perbedaan Charger iPhone Ori Dengan KW

Cara mengecek Charger Ori dan KW
Produk Apple merupakan produk yang paling banyak diminati oleh para pengguna smartphone. Dengan harga yang selangit, membuat banyak pihak melakukan duplikasi atau pemalsuan terhadap komponen produk perusahaan pencipta iphone tersebut. Salah satunya yang banyak tersebar adalah komponen chargernya.


Ilustrasi. Foto: Freepik.com

JAKARTA - Pembelian produk charger palsu (KW) harus bisa diminimalisasi, karena hal itu akan membuat kerusakan dikemudian hari pada smartphone yang kita miliki. Seperti permasalahan dalam hal pengisian daya, hingga bisa menyebabkan HP meledak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Times.Id akan memberikan beberapa tips tentang cara membedakan charger iPhone yang original dengan yang palsu alias KW. Dikutip dari beberapa sumber, berikut 7 cara dimaksud.

1. Kabel Lighting ke USB

Kabel lighting ke USB dari charger iphone yang asli terdapat garis emas yang utuh dan halus saat diraba. Sedangkan yang KW, garis emasnya berwarna agak kabur dan ukurannya tidak teratur serta kasar bila diraba.

2. Bobot Charger Ori Lebih Berat

Cara kedua sangat mudah. Anda tinggal membandingkan mana charger yang lebih berat, maka itulah charger yang berpotensi asli. Untuk lebih jelas, chrager iphone yang original memiliki bobot 250 gram, sedangkan yang KW lebih kurang bobotnya 200 gram. Hal ini disebabkan charger yang asli mengandung daya yang lebih banyak.

3. Ciri Khas pada Ujung Konektor USB

Ujung konektor sebagai penghubung kabel dengan adaptor memiliki ciri khas tertentu, yaitu adanya trapezoid interlock. Ciri ini memiliki bentuk garis putus-putus yang berjarak sama. Bila kita mengecek dengan teliti, maka pada charger yang palsu akan terlihat bentuk garis tersebut memiliki jarak yang tidak teratur, serta permukaannya terasa kasar.

4. Simbol USB Tidak Timbul

Menurut Apple Sport, untuk mengetahui keaslian charger iphone, bisa dilakukan pengecekan pada simbol USB di bagian adaptor lightning. Simbol ini bersifat halus, tidak timbul atau samar-samar, serta tidak mudah memudar karena bergrafik laser yang jelas.

5. Terdapat Tulisan Khusus

Ketika membeli charger yang ori, anda harus memastikan kabel chargernya ada tulisan khusus, yaitu “Designed by Apple in California”, “Assembled in China”, “Assembled in Vietnam”, atau “Industria Brasileira.” Selain itu, juga ada tulisan pada kepala charger yang asli, yaitu tulisan berupa “Designed by Apple in California”, “Made in China”, “Made in California”, atau “Made in Vietnam.”

6. Ukuran Konsisten

Ukuran yang konsisten dapat juga dijadikan referensi dalam memilih chrager iphone yang asli. Karena, charger yang original memiliki ukuran yang konsisten, yaitu 7,7 mm x 12 mm.

7. Harga Sama Dengan Toko Resmi

Tips terakhir tentulah masalah harga. Jangan tergiur dengan harga yang murah, sebab harga yang berada jauh dibawah harga resmi sangat berpotensi charger palsu alias kW. Dikutip dari laman resmi Apple, harga charger iphone original yang lama berada pada kisaran Rp. 350.000 + adapter dengan harga Rp. 300.000, sedangkan charger yang baru (USB-C) berharga dikisaran Rp. 500.000 sampai Rp. 600.000.