Ini yang Akan Dilakukan Darmansah, Pekan Pertama Setelah Dilantik Sebagai Pj Bupati Abdya

Ada sejumlah pekerjaan penting yang dipesankan oleh Pj Gubernur Aceh
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah telah dilantik oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, kemarin. Sejak hari itu, tugas Darman memimpin Abdya dimulai. Lantas, apa yang akan dilakukan di satu pekan pertama?

Pelantikan Pj Bupati Abdya Darmansah dan Pj Bupati Bireun Aulia Sofyan, Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin, 15 Agustus 2022. FOTO: Humas Pemprov Aceh

BLANG PIDIE - Ada pameo yang mengatakan bahwa, salah satu puncak kebahagiaan politisi, termasuk pejabat adalah ketika pelantikan. Karena di hari itu, ia dielu-elukan dan banjir ucapan selamat.

Tapi setelah itu, ada tumpukan pekerjaan yang sudah menunggu. Beban tanggung jawab harus diselesaikan. Jika tidak, setelah dilantik maka akan dilantak. Terutama oleh atasan, karena jabatan Pj Bupati ini diisi oleh Birokrat. Tak terkecuali juga, oleh rakyat yang dipimpinnya.

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dalam sambutannya di pelantikan menitip sejumlah pesan kepada Darmansah, termasuk Aulia Sofyan sebagai Pj Bupati Bireun di hari yang sama. Diantaranya, segera mengkoordinasikan program pembangunan daerah yang sejalan dengan pembangunan Pemerintah Aceh sebagai dasar dari program nasional.

"Bangun hubungan dan komunikasi positif dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah kerja Saudara," kata Achmad, kemarin.

Kemudian, dengan juga menggunakan diksi "segera", keduanya diminta melakukan percepatan realisasi belanja yang efektif, efisien, tepat sasaran, dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Hidupkan sektor UMKM, utamanya melalui penggunaan produk dalam negeri, dan lakukan upaya-upaya dalam mengurangi angka kemiskinan," perintahnya.

Lalu ia meminta agar Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah setiap tahunnya, bisa dikelola dengan baik oleh Pemerintah Gampong. "Untuk itu, pastikan saudara bisa mengambil langkah-langkah untuk pendampingan dan pengawasan, agar Dana Desa tersebut tepat sasaran, dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah saudara," tandasnya.

Nah, bagaimana Pj Bupati Abdya merespons pesan Pj Gubernur Aceh ini? Apa saja yang akan dilakukan, setidaknya dalam sepekan pertama?

"InsyaAllah kita mulai dengan bismillah," kata Darmansah kepada Times.id.

Dalam pekan pertama ini, fokusnya adalah menyukseskan peringatan HUT RI Ke 77 yang sudah di depan mata. Tepatnya sekitar 2 hari setelah dilantik. "Sukseskan ulang tahun RI," tandasnya. ***