Flu Tomat Bisa Menular, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Flu tomat rentan tertular pada anak-anak berusia di bawah 5 tahun
Selain Covid dan cacar monyet (monkeypox) yang terus menyebar, kini Dunia kembai dikejutkan dengan penyakit baru dengan nama flu tomat. 

ilustrasi flu. Foto: freepik.

TIMES.ID- Flu tomat merupakan penyakit yang menyerang anak-anak berusia di bawah lima tahun. Dikutip dari the lancet, flu tomat pertama kali muncul di India pada 6 Mai 2022 lalu.

Sejauh ini, flu tomat telah menginfeksi anak-anak berusia di bawah lima tahun sebanyak 83 kasus.

Diketahui Penyakit flu tomat ini, ditandai dengan gejala lepuh berwarna merah yang berbentuk menyerupai tomat. Selain itu, virus ini juga disertai dengan demam hingga nyeri sendi.

Virus ini semakin meresahkan, lantaran telahh menyebar pada anak-anak di beberapa daerah Kerala, India.

"Virus baru bernama flu tomat atau demam tomat telah mewabah di India di negara bagian Kerala pada anak di bawah 5 tahun," laporan yang dituliskan pada the lancet.

Saat ini, penyakit flu tomat menyebar di distrik Kollam di Kerala India dan dekat area Anchal, Aryankavu dan Neduvathur. Meskipun wabah ini tidak mengancam nyawa, tapi harus ditindak lanjut lebih serius. Mengingat pandemi covid telah banyak merenggut nyawa manusia.

Para dokter mengatakan, virus ini sangat menular dan berbahaya yang memiliki kemiripan dengan dengan Hand Foot and Mouth Disease. Saat ini, belum ditemukann obat yang mumpuni untuk menyembuhkan penderita flu tomat.

Gejala penyakit menular ini di namakan flu tomat karena menimbulkan lepuh merah pada seluruh tubuh dan membesar sehingga seuukuran tomat.

Selain itu, gejala flu tomat dapat menyebabkan kelelahan muntah, diare, mual, dehidrasi, pembengkakan sendi, nyeri tubuh, hingga influenza umum, seperti gejala demam berdarah.

Flu tomat bisa menular dengan cepat dari kontak langsung, oleh karena itu, bberikut beberpa hal yang harus di hindari dari penularan penyakit ini.

1. Menjaukan diri dari lingkungan yang dianggap kumuh dan keramaian yang tidak bersih.


2. Selalu menjaga kebersihan di rumah.


3. Menjaga kebersihan pada barang yangg sering disentuh seperti, pakaian, makanandan barang elektronik


4. Menghindari menggaruk pada ruam yang muncul di permukaan kulit..


5. Menjaga tubuh agar selalu memiilki cairan yang cukup.


6. Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat den bergizi.


7. Memisakan diri dari keramaian apabilla mengalami gejala yang telah diiformasikan di atas.