Dimutasi ke Yanma Polri, ini Fungsi dan Tugas Pokok Ferdy Sambo

Jabatan baru Ferdy Sambo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mutasi Ferdy Sambo dan 2 Jendral bintang satu lainnya ke bagian Pelayanan Markas (Yanma) Polri. 

Brigadir J, Ferdy Sambo dan Istri, Bharada E . Foto: facebook @Kemal Manggaukang

Diketahui Jendral bintang satu lainnya yang di mutasi bernama Brigjen Hendra Kurniawan dan Brigjen Benny Ali melalui keputusan mutasi perwira polri yang di tetapkan pada (4/8/2022).

Keputusan tersebut tertuang dalam telegram Kapolri yaitu ST Nomor: 1628/VIII/KEP/2022.

Ferdy Sambo akan bertugas sebagai pejabat Pati Yanma Polri yang kerap disebut sebagai tempat buangan bagi anggota Polri yang berkasus atau bermasalah.

Berikut penjalasan apa itu Yanma dan tugas pokok nya.

Perwira Tinggi Pelayanan Markas yang di singkat Pati Yanma, posisi ini bertugas menylenggarakan tugas pelayanan dan pembinaan markas.

Umumnya tugas Yanma polri bertugas mengurus markas seperti palayanan pengawalan, angkutan, perumahan, penjagan markas dan protokoler.

Perlu diketahui, setiap anggota Polri yang bertugas di Yanma Polri tidak semua bermasalah atau berkasus.

Dikutip dari website kalbar.polri.go.id tugas pokok dan fungsi Yanma Polri meliputi.

1. Fungsi pertama, pemberian bimbingan serta arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas atau kantor kepada penyelenggara urusan dalam pada semua Satuan kerja di lingkungan Polda.

2. Pembinaan, urusan pengadministrasian, pembuatan perencanaan program dan anggaran, pelayanan penatausahaan materiil logistik di lingkungan Yanma serta pengaturan perumahan di lingkungan Polda.

3. Lelayanan markas, fasilitas perkantoran, dukungan komunikasi, serta urusan elektronika markas serta pemakaman di lingkungan Polda.

4. Layanan angkutan personel sesuai kebutuhan dan pejabat serta pemeliharaan dan perbaikan sarana prasarana angkutan di lingkungan Polda.

5. Pemeliharaan fasilitas umum perkantoran dan perumahan di lingkungan Polda.

6. Pengamanan pada markas, pejabat, kegiatan protokoler, upacara resmi, dan rapat-rapat pimpinan.

7. Melakukan pembinaan untuk Korps Musik Polda.

8. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi.

Selain itu, untuk pengadaan pelayanan sound system dan parkiran juga di tugaskan kepada personel Yanma.

Ketiga Perwira Tinggi itu di mutasi akibat buntuk kasus Brigadir J beberapa waktu lalu, mereka diduga menghambat penyelidikan dan oleh TKP kematian Brigadir J.