Abrasi Krueng Babahrot Semakin Meluas, Kondisi Jembatan Cot Seumantok Terancam Ambruk

Pemkab Abdya diminta gerak cepat melakukan antisipasi
Hujan lebat yang mengguyur wilayah kabupaten Aceh Barat Daya beberapa hari terakhir ini telah membuat beberapa kecamatan mengalami banjir.

Abrasi Krueng Babahrot semakin meluas, Kondisi Jembatan Cot Seumantok terancam Ambruk. Foto: Saharuddin.

BABAH ROT - Akibat derasnya hujan yang tidak berhenti, kondisi air sungai pun terus meningkat dari biasanya, Jum'at 26 Agustus 2022.

Salah satunya air sungai Krueng Babahrot yang sampai saat ini masih sangat deras, hingga mengancam jembatan Cot seumantok yang baru siap dibangun tahun yang lalu.

Kondisi jembatan tersebut mulai longsor dan terancam ambruk karena abrasi terus terjadi akibat air sungai yang begitu deras.

Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Koalisi Masyarakat Pejuang Keadilan (KOMPAK) Saharuddin, meminta pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya untuk segera menanggapi dan menanganinya. 

Menurutnya situasi tersebut sudah darurat. Sebab jika tidak cepat ditangani bisa saja jembatan Cot Seumantok akan semakin ambruk dan jatuh.

Selain faktor hujan dan meningkatnya debit air, pengaman tebing di sekitar jembatan juga belum terbangun. Sehingga sangat gampang akan terjadi terjadinya abrasi pada tebing sungai.

"Maka kami sangat berharap berharap kepada pihak terkait untuk segera menanggapi dan mengambil langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum abrasi Krueng Sungai Babahrot semakin meluas dan mengancam keselamatan jembatan Cot Seumantok," ucap Sahar