PKB Janji Bantu Korban Abrasi di Susoh yang Bertahun-tahun Tak Dapat Perhatian

Irmawan minta dinas komunikasi intens dengan pusat
Anggota DPR RI Komisi V Irmawan datang langsung ke kondisi abrasi pantai di Desa Palak Kerambil Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat, 29 Juli 2022.


Anggota DPR RI Irmawan foto : Fitriadi

SUSOH - Abrasi yang sudah mencapai pemukiman penduduk ini kondisinya sudah cukup parah. Sehingga butuh penangganan serius dari pihak yang terkait. Namun sudah bertahun-tahun belum kunjung mendapat perhatian dari Pemda setempat, dalam hal ini Bupati Abdya Akmal Ibrahim.


"Kita prihatin juga melihat kondisi masyarakat yang sudah beberapa tahun. Hal ini kita prioritaskan, tidak boleh berlama lama," kata Irmawan, Jum'at, 29 Juli 2022

Terkait hal ini Irmawan berjanji akan menyampaikan kepada pihak terkait dalam hal ini Menteri PUPR melalui Dirjen Sumber Daya Air. Supaya perencanaan ini segera cepat terlaksana.


Ia memastikan setelah kunjungan tersebut ada penangganan serius dari pemerintah. Agar masyarakat desa setempat merasa nyaman dan tidak merasa dihantui oleh besarnya ombak.

"Pembangunan mungkin saya pikir ada dua solusi sebenarnya, pertama kita berharap pemasangan break water, kalau kondisi ini tidak memungkinkan, ada program realokasi," jelasnya.

Secara teknis, jelas Irmawan pembangunan ini tergantung dinas terkait. Karena itu dinas harus berkoordinasi intens dengan pihak balai. Sehingga pembangunannya menjadi prioritas.


"Pemerintah daerah harus sering koordinasi dengan pemerintah pusat. Sehingga pembangunannya, menjadi prioritas kalau pemerintah tidak agresif tentu pihak balai akan memprioritaskan kepada daerah lain," tegasnya.


Politisi PKB berjanji akan memperjuangkan pembangunan di Desa Palak Kerambil Kecamatan Susoh, Abdya tahun ini. Karena abrasi ini sudah cukup lama menghantui warga dan mengakibatkan terjadi kerusakan rumah.