Digadang-gadang Jadi Pj Bupati, Sekda Abdya Salman Alfarisi Tak Direkomendasi DPRK

Enggannya DPRK merekomendasi adik kandung Bupati ini mengundang pertanyaan
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Salman Alfarisi yang belakangan ini sering digadang-gadang menjadi Penjabat (Pj) Bupati Abdya, ternyata namanya tak masuk dalam 3 nama yang direkomendasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya.

Pimpinan DPRK Abdya saat menyerahkan rekomendasi 3 nama Pj Bupati ke Kemendagri belum lama ini. Foto: IST

BLANGPIDIE - Ketua DPRK Abdya Nurdianto menyebutkan bahwa sesuai usulan kedua Fraksi yang terdapat dalam DPRK Abdya mengkerucut pada dua nama yang diajukan sebagai Pk Bupati Abdya.

"Yaitu saudara Darmansyah, S.Pd,MM, Kepala Sekretariat Majelis Adat Aceh dan sdr. Azhari, SA.g, MSI dan Kadis Koperasi dan UMKM Aceh," kata Nurdianto dalam keterangannya, Rabu 20 Juli 2022.

Sementara sisa satu nama lagi calon Pj Bupati Abdya yang direkomendasikan berasal dari pertimbangan pimpinan dengan mendengar masukan dari sejumlah anggota DPRK.

"Maka Pimpinan mengusulkan satu nama yang mewakili unsur Pejabat Strategis Kabupaten Abdya yatu saudara Amiruddin, S.Pd, Sekwan DPRK Abdya," sambungnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan bahwa pada tanggal 18 Juli 2022, pimpinan berkonsultasi dengan otoritas berwenang di Kemendagri untuk meminta penjelasan persyaratan administratif. Sehingga ketiga calon yang kita usulkan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Perundang-undangan.

Lalu pada tangal 19 Juli 2022 ketiga pimpinan DPRK Abdya menyerahkan kembali biodata kelengkapan administrasi nama tersebut ke Kemendagri.

"Dengan demikian usulan calon PJ Bupati dari DPRK Abdya kita anggap final pada tanggal tersebut," sambungnya.

Ia yakin tim seleksi penilai akhir pemerintah pusat akan bekerja secara profesional dan objektif dalam menyeleksi sejumlah nama calon PJ Bupati Abdya, baik yang diusulkan DPRK Abdya, yang diusulkan Gubernur Aceh, maupun nama yang dijaring oleh Kemendagri.

"DPRK Abdya akan menghormati dan mendukung sepenuhnya siapapun nantinya yang akan ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Pj Bupati Abdya," pungkasnya.

Untuk diketahui, Sekda Abdya Salman Alfarisi adalah adik kandung Bupati Abdya Akmal Ibrahim. Ia belakangan ini digadang-gadang akan menjadi Pj Bupati Abdya. ***