Siapa Menteri Yang Akan Didukung Jokowi Maju Di Pilpres 2024? Ini Kata Pengamat...

Sebanyak 4 menteri, sudah ditanyakan satu-persatu oleh Presiden Jokowi terkait rencana maju di Pilpres 2024. Ada yang tegas menjawab maju, ada pula yang menunggu izin Jokowi. Tapi, siapa sebetulnya yang akan mendapat dukungan Jokowi?


Ilustrasi Presiden Jokowi. FOTO: UNSPLASH


JAKARTA - Pengamat politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin memprediksi presiden Jokowi akan merestui semua anak buahnya yang akan nyapres.


"Karena semua anak buahnya. Dapat restu atau tidak, keempatnya bisa maju," kata Ujang dalam perbincangan, Jumat (15/4/2022) malam WIB.


"Namun yang dapat restu atau dukungan Jokowi itu lebih beruntung, karena secara politik akan dibantu oleh Jokowi," sambungnya.


Kendati demikian, kata Ujang, hanya Presiden Jokowi yang tahu siapa sosok yang paling berpeluang besar mendapat dukungan mantan presiden ketujuh di pesta demokrasi nanti. 


"Kelihatannya Jokowi akan main disemuanya. Tidak main satu kaki, tapi bisa saja main di banyak kaki," tandasnya.


Ahli Peneliti Utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro juga mengaku belum bisa memastikan siapa sebetulnya yang akan dijagokan oleh Jokowi di Pilpres nanti. Akan tetapi, ia memberi clue, bisa jadi di luar keempat menteri tadi.


"Meskipun tidak sedikit kalangan yang mengaitkan Jokowi dan Ganjar Pranowo," ujar sosok yang akrab disapa Wiwiek ini, lewat pesan WhatsApp.


Namun, Jokowi akan menghadapi masalah jika Puan yang justru diusung oleh PDIP di Pilpres mendatang. "Lantas bagaimana dengan Ganjar? Tak tertutup kemungkinan, alternatif-alternatif itu sedang dipikirkan Jokowi," tandasnya.


Tahun lalu, saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Seknas Jokowi, Presiden Jokowi meminta para relawannya tak terburu-buru menentukan sikap terkait Pilpres 2024. Ia menjanjikan akan memberi tahu kemana dukungan para relawannya akan diarahkan.


"Saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini kemudinya akan kita arahkan," janji Jokowi.