Selain Ade Armando, Mereka Ini Pernah Dijerat Penistaan Agama, Boleh Dikeroyok?

Pegiat media sosial Muhammad Guntur Romli atau lazim disapa Gun Romli mengkritik alasan salah seorang pelaku pengeroyok Ade Armando, karena kesal dengan suara-suara Ade Armando di media sosial.


Muhammad Guntur Romli

JAKARTA - Aktivis Nahdlatul Ulama ini lalu mempertanyakan narasi-narasi yang juga dibangun oleh tokoh-tokoh yang berseberangn dengan Ade Armando, seperti Rocky Gerung, Haikal Hassan, Abdul Somad, Fadli Zon, Mustofa Nahra dan Refly Harun di media sosial.


"(Mereka) bebas koar-koar di medsos. Kenapa Ade Armando tidak boleh?" tanya dia di kanal YouTube Cokro TV, Kamis (14/4).


"Apakah karena kalah narasi, kemudian main aniaya?" sambungnya .


Alasan lain juga menurutnya tak bisa diterima. Seperti karena Ade Armando pernah dilaporkan ke polisi karena dugaan penistaan agama.


"Tapi, tidak pernah ada bukti bahwa Ade Armando pernah menjadi tersangka, terdakwa apalagi narapidana kasus penistaan agama," ucapnya dengan nada suara meninggi.


Laporan polisi, terang Romli tidak bisa dijadikan bukti bahwa terlapor adalah penista agama. Karena sejumlah tokoh lain dari kelompok yang berseberangan juga pernah dilaporkan ke polisi terkait dugaan kasus penistaan agama.


"Karena Abdul Somad juga dilaporkan kasus penistaan agama, Rocky Gerung juga dan Haikal Hassan," sambungnya.


Memang, sebelumnya UAS, sapaan akrab Ustadz Abdul Somad pernah dilaporkan ke Polda Nusa Tenggara Timur karena dinilai menista agama Kristen dalam sebuah video yang viral di media sosial. Dalam video sepanjang 57:07 menit itu, UAS sedang ceramah dalam rangka hari Kemerdekaan di Masjid At-Taqwa, Desa Simpang Kelayang, Indragiri Hulu, Riau pada Sabtu, 17 Agustus 2019.


Tahun 2018, Rocky Gerung juga pernah dilaporkan ke Bareskrim Polri gara-gara ucapannya kitab suci fiksi'. Haikal Hassan juga pernah dijerat dengan pasal penistaan agama gara-gara mengaku bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.


Lewat akun Twitternya, Gun Romli mempertanyakan apakah para terlapor penista agama yang lain selain Ade Armando boleh jadi sasaran pengeroyokan.


"Ade Armando dituduh penista agama hanya karena dilaporkan ke polisi. Kemudian dikeroyok. Padahal Abdul Somad, Rocky Gerung & Haikal Hasan juga dilaporkan kasus penistaan agama, lantas apa mrk bisa dituduh sebagai penista agama & boleh dikeroyok," cuitnya di akun @GunRomli, Sabtu (15/4).