Cek! Elektabilitas Capres Setahun Terakhir, SMRC: Prabowo Turun, Ganjar & Anies Naik

Tren elektabilitas calon presiden (capres) Prabowo Subianto di beberapa lembaga survei menunjukkan penurunan. Termasuk survei terbaru yang dirilis oleh Saiful Mujani Research Center (SMRC), Kamis (7/4).


Sirojudin Abbas. FOTO: Tangkapan Layar  YouTube SMRC TV


JAKARTA - Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas memaparkan bahwa dalam survei terakhir yang mereka lakukan pada bulan lalu masih menempatkan Ganjar, di urutan pertama dengan elektabilitas 18,1 persen suara.


Sementara Prabowo Subianto diurutan kedua meraup 17,6 persen, disusul Anies Baswedan 14,4 persen.


Abbas menuturkan bahwa dalam setahun terakhir, dukungan terhadap Ganjar dan Anies meningkat. Masing-masing elektabilutas Ganjar naik dari 8,8 persen pada survei Maret 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022.


Sementara Anies naik dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen. "Dukungan pada Prabowo mengalami pelemahan dari 20 persen menjadi 17,6 persen," tuturnya.


Meskipun elektabilitas Ganjar naik signifikan dalam setahun terakhir, namun cenderung datar dalam tiga bulan terakhir. "Dari 19,2 persen pada Desember 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022,” tandasnya.


Untuk dikeahui, Survei terbaru SMRC, dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.220 responden pada 13 - 20 Maret 2022. Pemilihan responden dilakukan dengan metode multistage random sampling. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.027 atau 84 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen



****

Ikuti perkembangan berita lainnya, dengan cara klik akun Instagram TIMES, lalu pencet tombol follow. Semakin banyak yang follow, maka kami akan semakin bersemangat mencari dan menyuguhkan berita lucu, penting, dan menarik untuk anda.

****