Ini Penyebab Listrik Padam di 3 Kecamatan Abdya

Akibat penebangan pohon, satu tiang listrik milik PLN patah dan ambruk. Dengan kejadian tersebut, pemadaman listrik terjadi di tiga Kecamatan wilayah Aceh Barat Daya (Abdya), diantaranya Manggeng, Lembah Sabil dan sebagian Tangan-Tangan.

Tiang listrik yang tumbang. Foto: Muharryadi-Times.id

ABDYA - Kejadian tersebut terjadi 27 Maret 2022 petang, tepatnya di Desa Lhung Baro Kecamatan Manggeng Kabupaten Abdya. Keuchik Lhung Baro Muslidarman saat dikonfirmasi Times.id membenarkan adanya terjadi pemadaman listrik akibat pohon tumbang.


Kronoligi rubuhnya tiang listrik disebabkan jatuhnya salah satu pohon kuini yang sedang ditebang oleh warga yang tengah melaksanakan aktivitas gotong royong.

"Awalnya memang permintaan masyarakat untuk dipotong aja pohon kuini saat gotong royong," terangnya.

Ketika sepakat untuk ditebang lanjutnya, pohon kuini yang terletak dibelakang mesjid alhirnya jatuh salah arah yang direncanakan, dan berakhir menimpa kabel listrik yang tidak jauh dari pohon tersebut.

Akibatnya, beban yang terlalu berat bukan saja mengakibatkan kabel putus, namun tiang listrik pun ikut tumbang. "Jatuhnya ke kabel listrik, karena beban terlalu berat jadi tiang juga ketarik," pungkasnya.

Namun, info yang diterima Times.id, saat berita ini diturunkan lampu yang padam sudah kembali normal.

REPORTER: MUHARRYADI