1 Calon Keuchik Tak Hadiri Deklarasi Damai, Camat Tangan-Tangan: Sudah Meninggal

Deklarasi Damai Calon Keuchik Definitif 2022-2028 Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Abdya yang berlangsung hari ini, Jum'at (11/03) minus satu calon Keuchik dari Desa Pante Geulumpang. Usut punya usut, ternyata yang bersangkutan sudah meninggal dunia.

Deklarasi damai Pilchiksung 2022 di Kecamatan Tangan-Tangn, Kabupaten Aceh Barat Daya, Jumat (11/3). FOTO: MUHARRYADI


TANGAN-TANGAN - Amatan Times.id, acara yang diadakan di aula kantor camat setempat dihadiri sebanyak 49 Calon Keuchik dari 15 Desa kecamatan setempat. Mereka mengucapkan sumpah deklarasi damai.


Camat Tangan-Tangan, Jasmadi dalam sambutannya mengatakan seyogianya peserta Calon Keucik di kecamatannya berjumlah 50 Orang. Tapi, 1 peserta gugur karena meninggal dunia.


"Kemarin ada salah satu calon kita Desa Pante Geulumpang atas nama Muktar Is telah mendahului kita, kita doakan agar Amal ibadah beliau diterima disisi-Nya, sehingga jumlah peserta pilchiksung saat ini berjumlah 49 Calon," ucap Jasmadi, diaminkan oleh para kandidat.


Beliau juga menyampaikan tujuan pelaksanaan deklarasi damai ini agar pelaksanaan pilchiksung yang kesiapan mencapai 80 persen berjalan sebagai mestinya.


Perwakilan Danramil setempat Nofrizal mengingatkan agar peserta Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) tetap menjaga keamanan, ketertiban serta berpedoman pada qanun yang berlaku saat proses Pilchiksung ini.


"Kalau ada kekacauan di desa masing segara laporkan, di setiap desa terdapat babinsa, jadi jangan sungkan-sungkan untuk melapor agar Pilchilsung kondusif," ujarnya.


Kapolsek Tangan-Tangan Ipda Asyari Eri juga berharap agar Pilchiksung dapat berjalan dengan damai. Ia meminta peserta agar tidak bermain api dalam pelaksanaan Pilchiksung.


"Kami akan tetap melakukan kesigapan pemantauan dalam pemilihan nantinya, jadi calon keuchik jangan main-main," pungkasnya.