Mantan Presiden 42 AS Bill Clinton Masuk RS

Mantan Presiden Amerika Serikat ke 42, Bill Clinton, masuk serta dirawat di rumah sakit karena infeksi saluran kemih sejak Selasa 12 Oktober 2021 kemarin.

Presiden ke-42 AS (Bill Clinton). Foto: IST

JAKARTA - Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala pengobatan Pusat Medis Universitas California Irvine, Alpesh Amin dikutip CNN. Ia menyatakan, Clinton dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU), karena infeksi saluran kemih sang mantan presiden menyebar ke aliran darah.


"Dia dirawat di ICU, untuk pemantauan lebih lanjut, diberikan antibiotik IV dan cairan. Saat ini ia masih berada di rumah sakit untuk pemantauan lebih lanjut," demikian pernyataan bersama Amin dan ahli kesehatan pribadi Clinton, Lisa Bardack.

Mereka menegaskan, bahwa dibawanya Clinton ke ICU bukan karena ia butuh perawatan intensif, tapi demi keamanan dan privasi. Berdasarkan keterangan kantor Clinton, mantan presiden itu sedang berada di California untuk acara salah satu yayasannya. Ia sudah merasa pusing sejak Selasa lalu.

Namun menurut Amin dan Bardack, saat ini Clinton dalam keadaan baik serta dapat berbicara dengan keluarga juga stafnya. Ia bahkan sudah dapat berjalan-jalan.

"Setelah dua hari perawatan, sel darah putihnya mulai turun dan dia merespons antibiotik dengan baik. Kami harap dapat memulangkan dia secepatnya," demikian pernyataan Amin dan Bardack.

Mereka menyatakan bahwa infeksi urologi memang biasa terjadi pada orang usia lanjut. Menurut mereka, infeksi itu dapat menyebar dengan cepat ke aliran darah, tapi juga bisa segera ditangani.

Sebelumnya, Clinton sendiri sudah menjalani operasi bypass jantung pada 2004 lalu. 6 kemudian, ia menjalani operasi pemasangan ring untuk membuka satu arteri, tepatnya pada 2010.