Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Kabar PON Papua: 57 Kasus Covid-19 Terindentifikasi Hari Ini

Oct 8, 2021

Pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua disambut gembira. Sampai terlihat adanya kelonggaran dalam penerapan protokol kesehatan. Menurut laporan satgas Covid-19 Papua, hari ini jumat 8 Oktober 2021 jumlah kasus meningkat menjadi 57.


Stadion Papua Bangkit saat penyemprotan disinfektan. Foto: IST

JAKARTA - Lewat
diskusi secara virtual melalui kanal YouTube BNPB pada Jumat 8 Oktober 2021 tadi pagi tadi, juru bicra Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wilayah Papua Silwanus Sumule memaparkan, ada 57 kasus Covid-19 yang terindenfikasi dalam penyelenggaraan PON XX Papua.

Dalam laporannya Silwanus menyebut, Kamis malam 7 Oktober 2021 kemarin, jumlah kasus covid-19 masih di angka 50, dan pagi tadi dirinya baru mendapat lapotan bahwa adanya tambahan kasus dari Merauke 7 jiwa.

"Jadi total kasus kita untuk pukul 11.30 waktu Papua itu sebanyak 57 kasus," kata Silwanus dalam diskusi.

Terkait kondisi pasien, Silwanus mengatakan, seluruh pasien yang terpapar Covid-19 tersebut memiliki gejala ringan dan tanpa gejala. Menurutnya, seluruh kasus Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala tersebut disebabkan karena para atlet dan ofisial sudah mendapatkan vaksinasi.

"Jadi teman-teman di hulu dan teman-teman kami yang di hilir juga berupaya mencegah, di hulu ada 3M dan 3T terus kita lakukan, sementara di hilir bagaimana kita mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan semaksimal mungkin," ujarnya.

Silwanus mengakui, salah satu penyebab dalam penambahan kasus ini adalah, ketika pembukaan PON XX Papua terdapat penerapan protokol kesehatan yang begitu longgar, karena masyarakat menyambut PON sangat euforia.

"Kami menyadari bahwa euforia ini berlebihan, karena masyarakat sudah lama sekali menantikan satu pagelaran ini," ucapnya.

Terkait penanganan, lanjutnya, Silwanus memastikan, seluruh atlet yang terpapar Covid-19 mendapatkan pelayanan terbaik dari pemerintah daerah Papua.

"Satgas dan Pemda Papua memastikan mereka (atlet terpapar Covid-19) dapat pelayanan terbaik, dan kami pastikan juga berjalan dengan baik," tutupnya.