Luhut Pantau Warga Lewat Facebook, Google Traffic & NASA

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan evaluasi mobilisasi warga saat PPKM Darurat hari ke-2 di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. 




 
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO: KEMENKOMARVES

JAKARTA - Mobilisasi warga dipantau melalui Facebook Mobility, Google Traffic, dan Night Light dari NASA.


Temuan analisisnya, perlu sekitar penurunan mobilitas warga sebesar -30 persen untuk Covid-19 varian alpha dan -50 persen untuk varian delta agar jumlah kasus Covid-19 di wilayah tersebut dapat menurun.

Menko Luhut memerintahkan agar semua pihak dapat fokus mengejar target mobilisasi warga turun hingga -50 persen. Diharapkan saat akhir masa PPKM Darurat ini dapat mengalami perubahan yang signifikan.

“Kalau kita lihat di Kep. Seribu dan Jakarta semua sudah merah. Paling tinggi di Jakarta Selatan untuk indeks penurunannya. Sisanya masih di 17 persen, ini juga semua baru penurunan untuk alpha, belum delta,” jelas Menko Luhut.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin juga menjelaskan, bahwa seluruh pihak perlu memperkuat strategi yang dianjurkan WHO, yakni protokol kesehatan, testing, tracing, isolasi, perawatan, dan vaksinasi. Sedangkan, Indonesia masih lemah pada dua aspek utama, “yaitu protokol kesehatan dan 3T (testing, tracing, treatment), termasuk isolasi,” ungkap Menteri Budi.


Kondisi Wilayah DKI Jakarta
Indeks mobilitas di DKI Jakarta secara keseluruhan pada Minggu (4/7/2021) mencapai -18,6 persen yang diperoleh dari Google Mobility sebesar -22,5 persen dan Facebook Mobility sebesar -15,7 persen. Hal ini digambarkan dari anggota yang aktif sebanyak 1.406 dari 7.817 orang.

Digambarkan di wilayah Kep. Seribu penurunan mobilitas mencapai -17,3 persen, Jakarta Barat sebesar -18,3 persen, Jakarta Pusat sebesar -17,0 persen, Jakarta Selatan sebesar -23,6 persen, Jakarta Timur sebesar -17,8 persen, dan Jakarta Utara sebesar -17,4 persen.

Angka ini belum mencapai target pemerintah untuk dapat menurunkan mobilitas warga yang ditargetkan pada angka -30 persen hingga -50 persen.

Kondisi Wilayah Banten
Indeks mobilitas di provinsi Banten secara keseluruhan pada Minggu (4/7/2021) mencapai
-21,6 persen yang diperoleh dari Google Mobility sebesar -18,5 perswn dan Facebook Mobility sebesar
-13,3 persen. Hal ini digambarkan dari anggota yang aktif sebanyak 2.636 dari 7.243 orang.

Digambarkan di wilayah kota Cilegon penurunan mobilitas mencapai -15,9 persen, kota Serang sebesar -20,0 persen, kota Tangerang sebesar -24,7%, kota Tangerang Selatan sebesar -31,0%, Lebak sebesar -17,7 persen, Serang sebesar -18,2 persen, dan Tangerang sebesar -23,5 persen.

Kondisi Wilayah Jawa Barat
Indeks mobilitas di provinsi Jawa Barat secara keseluruhan pada Minggu (4/7/2021) mencapai
-17,8 persen yang diperoleh dari Google Mobility sebesar -19,8 persen dan Facebook Mobility sebesar
-15,6 persen. Hal ini digambarkan dari anggota yang aktif sebanyak 11.760 dari 21.646 orang.

Menko Luhut berharap agar Polri ataupun pihak yang berwenang dapat melakukan penyekatan mobilitas serta kepada seluruh pihak dapat memastikan implementasi PPKM Darurat berjalan dengan baik.

“Jangan diberikan pengecualian, diluar sektor kritikal dan esensial, ataupun untuk pelayanan public,” jelas Menko Luhut.

Pemerintah menargetkan agar mobilitas warga di sejumlah wilayah tersebut turun hingga -50 persen. Hal ini untuk mengurangi jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang ditargetkan agar turun hingga 10.000 per hari. MA