Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Holding PNM, Pegadaian & BRI, Bunga Pinjaman Turun

Jun 21, 2021

Nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM boleh tersenyum lebar. Karena, PNM mau holding dengan PT Pegadaian (Persero) & PT BRI (Persero). Dampaknya, bunga pinjaman bisa turun hingga 3 persen.


Ilustrasi. FOTO: PNM

JAKARTA - Penurunan bunga pinjaman itu terjadi karena integrasi ekosistem UMi (Ultra Mikro). Integrasi tersebut dapat mengoptimalkan peran pemberdayaan PNM dengan penurunan biaya overhead sekitar 8 persen.

Selain itu, penyatuan tersebut juga dapat memberikan akses pendanaan yang lebih murah kepada PNM. Dengan dukungan ini, masyarakat prasejahtera diharapkan bisa cepat ‘naik kelas’.

Bahkan, kata Direktur Utama PNM Arief Mulyadi, holding BUMN di segmen UMi dan UMKM akan memacu masyarakat terkategori prasejahtera memiliki akses pendanaan yang lebih terstruktur dalam satu ekosistem.

Karena melalui pemanfaatan agen Brilink, segmen ultra mikro yang disasar PMN jadi lebih efektif. Nasabah juga bakal menerima cuan akses dana yang lebih murah dan cepat

“Peran pemberdayaan tetap diperankan oleh kami, PNM, dengan adanya Super App yang menjadi pendukung kerja karyawan kami,” kata Arief, lewat keterangan pers Senin (21/6).

Ia menjelaskan, holding tersebut bertujuan untuk mendukung visi pemerintah dalam memberdayakan segmen UMi, mempercepat laju inklusi keuangan, pembiayaan berkelanjutan, serta  menyasar 57 juta nasabah.

Dari total nasabah yang ingin disasar tersebut, 30 juta diantaranya diyakini belum memiliki akses ke sumber pendanaan formal. Bahkan 5 juta nasabah diantaranya diperkirakan berada di bawah bayang-bayang jerat rentenir.

Saat ini akses layanan pembiayaan atau pemberian kredit pada segmen UMi baru sekitar 20 persen. Oleh karena itu, segmen usaha tersebut membutuhkan dorongan untuk memacu pertumbuhan.

Salah satunya melalui holding yang memberikan skema pembiayaan modern yang tidak lagi mensyaratkan agunan dalam pemberian kredit, karena rata-rata UMKM tidak memiliki aset yang memadai. 

Ekosistem UMi pun akan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pekerja untuk pengembangan kapabilitas dan karir lintas entitas yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan perseroan. Pengembangan talenta tenaga kerja sesuai dengan lima fondasi BUMN melalui BRI Corpu sebagai sentra sharing knowledge antar pekerja BRI Group.

Pemerintah melakukan integrasi ekosistem BUMN sektor UMi-UMKM akan menjamin akses pendanaan nasabah yang lebih murah dan cepat. (*)