Diberdayakan oleh Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Gangguan! Foto-foto di Blog Hilang, Ini Penyebab & Solusinya

2 Mei 2021

Sejak May Day 1 Mei 2021, foto-foto yang diposting di blog berbasis blogspot, hilang. Kondisi itu membuat tampilan website yang menumpang di salah satu hosting-nya google itu kacau-balau.


Ilustrasi. Foto: Canva


JAKARTA - Mula-mula, hilangnya foto-foto itu ditengarai karena diblokir Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Pasalnya, jika diakses via jaringan pribadi virtual atau VPN, foto-foto di blogspot masih muncul.

Namun, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan yang dikonfirmasi mengaku belum tahu-menahu perihal itu. "Saya cek...," responnya, ketika dikonfirmasi Minggu (2/5).

Penelusuran Times ID, ketika mengecek diblokir atau tidaknya domain foto Blogspost.com di laman https://trustpositif.kominfo.go.id/, hasilnya nihil.

Namun, dalam foto tangkapan layar yang diunggah blog ngetik.com, link penyimpanan foto Blogspot yakni https://1.bp.blogspot.com memang sempat diblokir. Akan tetapi setelah dicek kembali, status blokir tersebut sudah tidak ada.

Di Twitter, hilangnya foto-foto di blog ini jadi perbincangan para blogger. Ada yang mengeluh dan melampiaskannya ke Kominfo, ada juga ke provide internet seperti Telkom cs.

Pasalnya, foto-foto di blog yang hilang itu cukup mengganggu. Seorang blogger dan content creator di akun Twitternta @indachakim sempat menumpahkan kekesalannya.

"Blogspot kenafe dah? Semoga segera pulih. Mau setor kerjaaannnn," kesalnya. "Kerja tuh yg bener, image blogspot pada kena internet positif? @kemkominfo," semprot akun @ochotootmors. "Kembalikan #1.bp.blogspot untuk kami para blogger terus berkarya," pinta @idecaracom.

"Blogspot masih terpantau eror (tak bisa menampilkan gambar). Kukira sedang maintenance dari sononya, ternyata doi lagi diblokir internet positif. whut! Duh padahal lagi ada job dari klien. Klo pake VPN bisa sih, tapi klien kan belum tentu pake VPN juga kan?" keluh @ArintaSetia.

Blogger lain, bahkan sudah siap-siap mau pindah hosting dari Blogspot ke Wordpress. Tapi akun @reviewapaja bilang tak perlu buru-buru hengkang ke Wordpress. "Karena kita bisa mengganti 1.bp.blogspot . com yang keblokir ke 2.bp. atau 3.bp," cuitnya.

Untuk mengubah link domain itu, para blogger harus meng-edit html setiap postingan. Jika URL image-nya blogspot itu sudah diubah, foto-foto yang sebelumnya hilang otomatis muncul.

Namun, banyak juga yang mengeluh jika mereka harus mengedit ribuan postingan artikelnya. Sehingga, ada yang masih bersabar menunggu kondisi diblokirnya foto ini pulih kembali.

Update: Hasil pengecekan terakhir, seluruh foto di link penyimpanan Blogspot.com sudah pulih. Foto-foto sudah normal kembali.