Wow, Update Harga Tiket Jakarta-Bandung Yang Akan Beroperasi Bulan Juni 2023, Yuk Kepoin

Informasi terkini Kereta Cepat Jakarta Bandung
Walaupun mulai beropesional pada Bulan Juni tapi banyak yang sudah mulai penasaran akan harga tiket Jakarta-Bandung tersebut.


Foto Ilusi Kereta Cepat. Foto: Freepik.com

JAKARTA – Banyak sekali yang betanya-bertanya harga tiket Jakarta-Bandung meski baru mulai aktif di perkirakan pada Bulan Juni 2023.

Adapun tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung di perkirakan sekitar Rp.350.000 untuk rute yang paling jauh sedangkan rute paling dekat sebesar Rp.150.000. Namun, sewaktu-waktu nanti aka nada potongan harga atau diskon.

Namun, untuk 3 tahun pertama akan berlaku harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebesar Rp.125.000 sampai Rp.250.000. Dan setelah itu akan naik seperti harga yang sudah di sebutkan di atas.

Nantinya di perkirakan juga bahwa ramai yang akan beralih dari masyarakat yang sering menggunakan Jalan Tol akan menggunakan alternatif Kereta Cepat ini jika ingin menuju Bandung.

Bukan hanya itu, nantinya juga aka terhubung dengan kawsan Halim Perdana Kusuma. Dan nantinya akan mulai aktif dari pukul 05.30 sampai 22.00. Dengan total 68 kereta yang akan beroperasi setiap harinya.

Sementara itu, kapasitas yang bisa muat penumpang per kereta berjumlah 601 penumpang. Dan per November 2022 progres fisik Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 81,66 persen.

Adapun biaya pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebesar US$6,05 miliar namun pada September 2022 ada pembengkakan anggaran sebesar US$1.4 miliar, sehingga total nya menjadi US$7,5 miliar. 75 persen dari anggaran tersebut bersumber dari pinjaman.

Sedangkan pinjaman tersebut di tetapkan 50 Tahun masa nya, maka dari itu harga tiket tersebut diperkirakan butuh 38 Tahun untuk mengembalikan modal tersebut.

Sebab jika masa konsesi lebih lama dari balik modal, maka pemerinah akan terus membagi keuntungan dengan China meski sudah balik modal.