5 Destinasi Wisata Menarik di Cirebon Terbaru Tahun 2023, Bisa Jadikan Referensi

Ingin mengulik wisata sejarah ada juga di Cirebon
Kota Cirebon memiliki beragam destinasi menarik yang dapat dikunjungi diantaranya, wisata alam, wisata kuliner hingga wisata sejarah. Tentunya para wisatawan atau pelancong bisa jadikan referensi liburan akhir pekan.

Destinasi wisata menarik di Cirebon. Foto: Tangkap layar You Tube RDay Channel.

Tak heran jika wisatawan menjadi tujuan wisata di Cirebon, karena kota ini beragam destinasi wisata yang menarik dan autentik.

Jadi Cirebon sangat cocok untuk berbagai kalangan wisatawan menikmati keindahan destinasi wisata.

Merangkum beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Cirebon, yang bisa jadi referensi para traveler untuk berwisata di tahun 2023.

1. Wisata Talaga Langit

Di sini terdapat perpaduan hiburan menarik seperti, kolam yang bisa digunakan untuk berenang serta beragam wahana permainan untuk ank-anak dan spot foto selfie menarik, Museum Santet hingga restoran yang menyungguhkan berbagai aneka makanan.

Keunggulan utama di Talaga Langit salah satunya kolam renang yang memiliki spot melihat suasana sekitar dari ketinggian di tambah lagi udara yang sejuk sangat menyungkan traveler berlama-lama menghabiskan waktu libur.

2. Kampung Sabin

Nah, ditempat yang satu ini, traveler harus membayar tiket terlebih dahulu Rp 20 ribu per-orang di hari biasa dan di akhir pekan perlu mengeluarkan budget Rp 30 ribu. Pembayarannya dilakukan sebelum masuk ya!

Namun kalau traveler ingin berkunjung dan menikmati santapan di Kampung Sabin, maka harus membayar deposit sebesar Rp 350 ribu untuk minimum order.

Ketika sampai di Kampung Sabin, traveler akan disambut langsung oleh iringan musik gamelan khas Bali. Ditambah dengan keindahan suasana persawahan yang telah dipercantik berbagai ornamen, sehingga membuat suasana lekat sekali dengan suasana di Ubud Bali.

Kampung Sabin terletak di Desa Sindang Jawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Untuk menuju lokasinya dari pusat Kota Cirebon memerlukan waktu kurang lebih 30 menit.

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Bagi yang ingin mengulik wisata sejarah di Cirebon. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya benda bersejarah yang dapat kamu saksikan pada destinasi yang satu ini seperti, Karaton Kasepuhan Cirebon merupakan tonggak sejarah berdirinya Kota Udang.

Keraton Kasepuhan merupakan perwujudan dari adanya akulturasi budaya masyarakat setempat, budaya Tiongkok, hingga budaya masyarakat Islam. Salah satu dari perwujudannya adalah adanya Singa Barong yang merupakan Kereta Kencana Raja yang digunakan secara turun-temurun.

Adapun hal menjadi istimewa dari Kereta Kencana, karena desainnya yang merupakan perpaduan kultur budaya Islam, Hindu dan Cina. Nantinya, pengunjung dapat mengabadikan Kereta Kencana tersebut dengan kamera, namun dilarang untuk menyentuh ataupun menaikinya.

Selain itu arsitekturnya yang unik sehingga memberikan kesan tersendiri untuk objek wisatanya.

4. Kampung Batik Trusmi

Selain terkenal sebagai Kota Udang, Cirebon juga terkenal dengan batik. Jika kamu berwisata ke Cirebon, jangan lewatkan kunjungannya ke Kampung Batik Trusmi dan membeli beberapa batik Mega Mendung yang merupakan ciri khas autentiknya.

Sentra produksi batik tersebut diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 dan terus dikembangkan bahkan menjadi tujuan para traveler.

Selain berbelanja, kamu dapat melihat dari dekat terkait proses pembuatan batik dari para pengrajin. Jika kamu mau, kamu bisa ikut belajar membuat batik di sini dengan cara mengikuti kelas membatik.

Selain belajar dan membeli beberapa batik, kamu dapat berwisata kuliner dengan menikmati aneka hidangan tradisional khas Cirebon seperti, nasi jamblang, empal gentong, empal asem, sego lengko, dan lainya.

5. Cirebon Waterland

Ingin mencari tempat wisata yang kekinian dan modern? Di Cirebon Waterland tempatnya, sebab wahana permainan air ada disini dan cukup luas, dibangun di atas lahan berukuran sekitar 3 hektar. Menarik kan?

Untuk wahana bermain air telah disediakan 3 buah kolam renang dengan kedalaman yang bervariatif, untuk anak-anak, dewasa, hingga kolam renang berstandar internasional yang ditujukan untuk berlomba.

Selain itu yang menjadi makin menarik di Cirebon Waterland memiliki restoran menarik yang berbentuk kapal raksasa bertuliskan Cheng Ho yaitu nama dari seorang pelaut terkenal asal Tiongkok. Resto ini menyediakan berbagai jenis hidangan, mulai dari masakan tradisional hingga masakan modern.

Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa langsung menemukan di JL. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Cirebon yang tak bisa dilewatkan, dengan berbagai keunikan dapat di nikmati sehingga tak terlupakan. Selamat mencoba.