Rekomendasi 3 Perpustakaan Ternyaman dan Jadi Wisata Literasi Terpopuler di Surabaya

3 perpustakaan ternyaman di Surabaya untuk membaca dan mengerjakan tugas
Surabaya sebagai salah satu kota besar, banyak dijumpai mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di sana.

Perpustakaan C2O Surabaya, Foto: Pandu Winar

SURABAYA - Di era yang serba cepat dan cukup maju ini, masyarakatnya juga banyak mengikuti perkembangan dan kemajuan, contohnya saja penggunaan buku digital.

Sekarang masyarakat, khususnya mahasiswa, beralih atau lebih memilih e-book sebagai bahan bacaan daripada buku fisik. Perkembangan yang begitu pesat ini ternyata berdampak pada perpustakaan.

Sekarang perpustakaan menjadi tempat yang mulai dijauhi oleh masyarakat sebagai tempat membaca.

Hal ini sangat disayangkan, sebab perpustakaan terus diperbaiki agar para pembaca merasa nyaman. Bukan hanya itu, buku-buku juga ikut bertambah agar yang diperlukan masyarakat bisa tercukupi.

Di Surabaya terdapat 3 rekomendasi perpustakaan ternyaman untuk membaca dan mengerjakan tugas yang wajib kamu kunjungi.

C2O Library

Perpustakaan ini terbilang unik, sebab selain banyak koleksi bukunya, tempatnya juga cukup nyaman untuk membaca dan mengerjakan tugas. C2O Library berlokasi di Jl. Dr Cipto, No. 22, Kota Surabaya.

Perpustakaann ini hanya buka di hari Selasa sampai hari Minggu, sedangkan senin dan tanggal merah atau libur nasional tutup. Beroperasi mulai pukul 11:00 siang dan tutup 21:00 malam. C2O ini memiliki konsep yang unik, yakni library and collabtive.

Perpustakaan yang didirikan pertengahan 2008 ini memiliki lebih dari 7000 koleksi buku, terdapat juga jurnal yang berbahasa Inggris dan Indonesia dengan fokus kajian budaya, sejarah, seni dan sastra.

Selain menjadi perpustakaan, tempat ini juga terdapat coworking space dan cafe. Cafe ini disebut dengan Dapur C2O yang jadwal operasionalnya juga sama dengan perpustakaannya. Menu yang disediakan di tempat ini juga beraneka ragam.

Dilansir dari web resminya, c2o-library.net, kegiatan yang diadakan di perpustakaan ini pun beragam. Mulai dari publikasi (buku, jurnal, dan video), kegiatan diskusi buku, pameran, festival, dan pemutaran film.

Perpustakaan Kota Balai Pemuda

Perpustakaan Balai Pemuda berada di bangunan Balai Pemuda Surabaya yang berlokasi di Jl. Gubernur Suryo Nomor 15, Surabaya. Perpustakaan ini buka setiap hari Senin sampai Minggu, mulai dari pukul 07.30 hingga 21.00 WIB.

Perpustakaan ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat mengerjakan tugas atau hanya sekadar membaca, sebab suasananya tenang menjadikan seseorang betah untuk berlama-lama berdiam diri di dalamnya.

Perpustakaan Kota Surabaya

Perpustakaan milik Pemkot Surabaya ini berlokasi di Jl. Rungkut Asri Tengah 5-7, Rungkut Kidul. Perpustakaan beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Adapun fasilitias yang disediakan antara lain terdiri dari digital library, peminjaman buku dan WiFi. Siapapun juga bisa membuat kartu keanggotaan untuk bisa meminjam buku di perpustakaan ini.

Tempat ini juga terbilang nyaman sebagai tempat mengerjakan tugas, sebab buku yang disediakan juga banyak dan lengkap.