Rekomendasi 3 Destinasi Wisata di Jatinangor yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Gunung Geulis jadi tempat healing mahasiswa yang kuliah di Jatinangor
Kecamatan Jatinangor dikenal sebagai pusat pendidikan tinggi di pinggiran Sumedang. Tak bisa dipungkiri, ada empat perguruan tinggi penting di Jatinangor.

Gunung Geulis, Foto: Instagram @mirzanurmansyah

JATINANGOR - Sejarahnya, nama Jatinangor ini diambil dari nama sebuah pohon, yaitu pohon jati putih yang banyak tersebar di kawasan Kiarapayung, sebelum akhirnya dibabat habis menjadi kawasan pendidikan.

Sedangkan nama Nangor bisa dari kata ‘Cangor’ belum masak. Maka jika digabungkan Jatinangor mempunyai makna pohon jati muda.

Tempat Pendidikan yang menjadi tempat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Teknologi Bandung (ITB) kampus Jatinangor, dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin).

Banyaknya mahasiswa yang tinggal di Jatinangor seringkali membuat mereka lelah dan membutuhkan liburan untuk menenangkan pikiran.

Berikut 3 destinasi wisata terpopuler di Jatinangor.

Gunung Geulis

Gunung yang terlihat dari pintu masuk Jatinangor bisa menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan diri.

Gunung Geulis terdapat di tiga kabupaten yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Tanjungsar. Ketinggian Gunung Geulis adalah 1.281 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Geulis tidak hanya sebagai tempat relaksasi, tetapi juga sebagai sarana latihan (pendakian). Mendaki adalah satu-satunya cara untuk menikmati kesunyian di puncak gunung guna untuk menenangkan pikiran.

Buper Kiara Payung

Bumi Perkemahan Kiara Payung (Buper) dekat Gunung Geulis bisa menjadi pilihan. Tempat ini bisa menjadi destinasi wisata bagi wisatawan yang tidak ingin menghabiskan tenaga untuk mendaki. Buper Kiara Payung terletak di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor.

Tempat wisaya ini cukup mudah dijangkau karena berada di dekat kampus Unpad. Buper Kiara Payung bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menjelajahi pemandangan alam, olahraga sepeda gunung, piknik bersama teman, camping dan tracking.

Fasilitas yang ada di Buper Kiara Payung antara lain tempat parkir, kamar mandi, mushola, warung dan bumi perkemahan.

Baru Beureum

Berada di Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari, tempat wisata ini bisa diakses dari Jatinangor. Baru Beureum merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Manglayang.

Selain itu, Baru Beureum memiliki bumi perkemahan yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Suasananya masih asri, Baru Beureum bisa jadi pilihan untuk keluar dari rutinitas perkuliahan. Namun, kondisi jalan menuju kawasan tersebut masih berupa bebatuan.