Pulau Gosong jadi Salah Satu Wisata Bahari yang Eksotis dan Populer di Abdya

Pulau Gosong terdapat biota laut yang langka seperti kima dan ikan napoleon
Aceh Barat Daya atau sering disingkat ABDYA adalah sebuah kabupaten pemekaran dari Aceh Selatan.
 
Pulau Gosong, Foto: Instagram @zulfalah

ABDYA – Wisata yang ada di daerah ini tak kalah dengan kabupaten tetangganya, seperti Aceh Selatan dan Nagan Raya. Abdya juga menyimpan begitu banyak wisata bahari yang tentunya juga banyak dikunjungi orang.

Pulau Gosong salah satu contohnya. Pulau ini merupakan destinasi wisata di Aceh Barat Daya yang semakin populer di kalangan remaja. Wisata ini menawarkan keindahan yang memanjakan mata dengan pasir putihnya yang eksotis.

Pulau Gosong merupakan destinasi wisata bahari di Kecamatan Susoh, Aceh bagian barat daya. Luas pulaunya sekitar 1 hektar dan jarak dari pantai Sangkalan ke Pulau Gosong hanya sekitar 10-15 menit jika ditempuh dengan perahu.

Pulau Gosong Abdya termasuk dalam kategori barrier island atau pulau penghalang, yaitu gundukan pasir yang menonjol dan terpisah dari bibir pantai. Gundukan pasir yang terpisah dari bibir pantai itu terbentuk oleh angin atau air.

Keindahannya menjadikan Pulau Gosong sebagai destinasi wisata bahari yang banyak dikunjungi orang dan wisatawan, khususnya wisatawan dari Abdya sendiri.

Awalnya pulau ini hanyalah pasir yang terbawa arus kemudian tertumpuk di karang, luasnya hanya seluas lapangan sepak bola. Walau hanya seluas lapangan sepak bola, akan tetapi keindahan yang ditawarkan Pulau Gosong tak dapat terbantahkan.

Pulau Gosong ini memiliki pasir putih yang cukup halus, air laut yang jernih serta keindahan pohon cemara dan waru yang menghiasi pulau ini. Dan masih banyak lagi keindahan lainnya yang bisa didapatkan saat berkunjung ke pulau ini.

Pulau Gosong memiliki pesona taman bawah laut yang cantik dan indah, pasir putih yang lembut, terumbu karang yang terjaga, ikan yang beraneka ragam dan air yang sangat jernih, membuat pulau ini semakin menarik.

Di Pulau Gosong, para wisatawan bisa menemukan biota laut seperti kima dan ikan napoleon yang merupakan ikan langka. Karena keindahan bawah lautnya, pengunjung bisa diving dan snorkeling sesuka hati, untuk bersentuhan dan melihat makhluk bawah laut yang cantik.

Kegiatan ini disarankan dilakukan pada pagi hari, karena airnya lebih jernih. Jika tidak ingin snorkling atau diving, pengunjung juga bisa memancing atau sekedar bersantai di pantai.

Dengan bersantai, kepuasan yang akan didapatkan tidak akan berkurang karena Pulau Gosong memang sangat indah. Pulau Gosong mewakili keindahan pantai Abdya yang diapit panorama Pulau Bukit Barisan Sumatera.

Dari Pulau Gosong, juga akan terlihat pantai yang pasirnya berwarna coklat sejauh mata memandang, yaitu Pantai Jilbab dan Pantai Bali, pantai ini menambah keindahan Pulau Gosong.

Pantai Jilbab ini ada di desa Palak Karambil, sedangkan Pantai Bali ada di Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Abdya, yang kerap dijadikan destinasi akhir pekan oleh warga Abdya.

Jika ingin pergi ke Pulau Gosong, maka harus pergi ke Dermaga Ujong Serangga. Di sana ada tempat yang menyewakan perahu atau boat. Pemilik perahu akan memasang tarif sebesar Rp 300.000 - 500.000 per perjalanan untuk layanan antar jemput.

Pulau Gosong lebih jauh apabila ditempuh dari Dermaga Ujong Serangga, memakan waktu sekitar 20 menit.