Pesona Pantai SBB, Pantai Pasir Putih Favorit Aceh Selatan

Pantai SBB memiliki pemandangan laut yang indah
Pantai Sawang Biduak Buruak atau biasa dikenal dengan SBB merupakan sebuah tempat wisata terkenal Barat Selatan yang wajib dikunjungi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu luang demi menyembuhkan rasa penat setelah bekerja.

Pantai SBB Indah. Foto: Kolase Foto Instagram @badrul_gigi

ACEH SELATAN - Pantai SBB terletak di Desa Padang Bakau, kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan. Berdekatan dengan Pelabuhan Ferry Labuhan Haji-Sinabang.

Setiap wisatawan yang mengunjungi pantai SBB di desa Padang Bakau ini, akan terkesima dengan keindahan pemandangan pantai. Setibanya di bibir pantai, anda akan melihat bentangan laut lepas biru nan cerah, berbagai macam pepohonan, serta hamparan pasir putih yang memukau.

Jika anda berkunjung ke pantai SBB denga keluarga dan anak-anak, anda tidak perlu membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Karena disepanjang garis pantai terdapat banyak warung makan, yang menyediakan banyak pilihan menu makanan seperti nasi goreng, mie goreng, mie bakso atau makanan lainnya.

Tak hanya itu, untuk menyembuhkan dahaga anda, disemua warung pinggir pantai juga tersedia berbagai macam minuman dingin atau panas berupa kopi, teh, jus, dan kelapa muda.

Bagi anda yang ingin duduk dan merasakan getaran ombak, maka pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Tepat diatas dasar laut anda akan menemukan kafe dengan segala hidangan dan fasilitasnya. 

Sembari makan dan minum mata anda juga akan dimanjakan dengan penampakkan ikan-ikan kecil yang berenang bebas di bawah pondasi kafe.

Deburan ombak, serta langit yang cerah membuat para pengunjung terasa seperti menghabiskan sorenya bak Pulau Maldives, tidak hanya itu pengunjung pantai SBB juga bisa menikmati sunset yang indah dengan secangkir kopi atau tehnya.

Pantai berpasir putih ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai SBB tersebut juga menyediakan taman hiburan, seperti kolam pemandian anak-anak, perosotan biasa, kereta panggung, bebek air, perosotan spiral, ayunan, jungkat-jangkit, rumah kecil, penginapan, karaoke, dan permainan tusot.

Sehingga Pantai SBB cocok dikunjungi oleh siapapun baik anak-anak, remaja maupun dewasa.

Tak sulit menuju lokasi ini. Jika anda berada di kota Blang Pidie maka menujulah kearah Barat Selatan atau melewati lintas Barat-Sumatera, yang berjarak sekitar 34 km dengan perkiraan waktu tempuh 48 menit.


Namun jika anda berangkat dari kota Tapak Tuan adapun jarak tempuhnya adalah 44 km dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam 5 menit.

Pantai SBB berdekatan dengan Pelabuhan Ferry Labuhan Haji keberangkatan Sinabang. Diperkirakan jaraknya sekitar 2,6 km dengan perkiraan waktu tempuh 9 menit.


Pelabuhan tersebut juga bisa diamati dari kejauhan pantai SBB, yang didukung oleh hamparan laut lepas serta dilengkapi dengan pemandangan pelabuhan kapal Ferry. Tentu saja ini juga menjadi poin tambahan bagi Pantai SBB dalam memikat para wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

Lalu bagaimana dengan tiket masuk? Tenang saja pantai ini juga merupakan pantai low-budget, jika pada hari-hari besar seperti Mak Meugang, Lebaran, Tulak Bala, Tahun Baru, bulan Ramadhan atau even-even tertentu.

Cukup bayar tiket masuk sebesar Rp5.000 anda sudah bisa memasuki area pantai. Namun jika anda berkunjung pada hari biasa maka tidak perlu bayar tiket masuk, anda sudah bisa memasuki area pantai.

Perlu diketahui tiket masuk belum termasuk sebagai tiket untuk menikmati semua wahana hiburan yang ada, jika anda ingin menikmati wahana-wahana tersebut maka anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp20.000 untuk bebek air, Rp80.000 karaoke dalam ruangan selama 1 jam, Rp10.000 untuk karaoke diluar ruangan sebanyak 3 lagu. 

Berdasarkan pantauan Times.id, pantai SBB paling banyak dikunjungi pada hari-hari besar seperti Mak Meugang (makan-makan sebelum puasa), Tolak Bala, Buka Bersama di bulan ramadhan, Lebaran dan tahun baru. Namun tak bisa dipungkiri pantai ini juga memiliki banyak pengunjung ketika weekend tiba.

“Aku suka dengan pemandangan lautnya, caffe nya juga menarik minuman dan makanan nya enak-enak, banyak spot fotonya juga apalagi sunsetnya sangat indah” ujar Ainal kepada Times.id, Minggu, 08 Januari 2023.

Bagi anda yang sangat suka berswa-foto di pantai, tentu saja pantai SBB menjadi salah satu opsi untuk menambah postingan terbaik anda baik di Instagram, Facebook, Tiktok maupun medsos lainnya. Jadi gak usah bingung ya besti, pantai ini sangat cocok untuk memulihkan penat dan untuk menghabiskan waktu weekend anda.