Pantai Ujong Serangga Abdya jadi Tempat Terbaik untuk Menikmati Sunset

Pengunjung Pantai Ujong Serangga Abdya juga berasal dari luar daerah
Aceh Barat Daya sering disingkat Abdya, wilayah ini terletak di pesisir Barat-Selatan wilayah Aceh.

Pantai Ujong Serangga, Foto: Puji M. Arfi

ABDYA - Kabupaten ini dulunya merupakan kesatuan dari wilayah dari Aceh Selatan, namun pada tahun 2002 menjadi resmi sebagai salah satu kabupaten yang ada di Aceh setelah disahkannya melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2002.

Kabupaten ini memiliki banyak sekali sebutan atau julukan, antara lain adalah Tanoh Breuh Sigupai, Bumi Persada, Tanoh Mano Pucok, Bumoe Teungku Peukan, Alue Malam Dewa, Bumi Cerana, dan julukan lainnya yang disematkan pada kabupaten ini.

Aceh Barat Daya juga memiliki sejarah yang panjang dan tak kalah menarik, pada zaman dulu terdapat dua kerajaan besar yang berkuasa di wilayah Abdya, yaitu Kerajaan Kuala Batee yang berdiri pada abad ke-18 M dan Kerajaan Susoh yang didirikan pada 1666 M.

Selain memiliki kebudayaan dan tradisi yang melimpah, kabupaten ini juga dianugerahi alam yang begitu indah, mulai dari gunung hingga pantainya. Namun, yang banyak menjadi perhatian wisatawan saat berkunjung ke Abdya adalah pantainya yang menawarkan keindahan yang luar biasa.

Abdya yang memang terletak di pesisir antara Barat-Selatan Aceh, menyimpan keindahan laut yang beragam.

Pantai seringkali menjadi pilihan banyak keluarga sebagai tempat berlibur di akhir pekan, salah satunya seperti Pantai Ujong Serangga.

Tidak hanya bagi warga Aceh Barat Daya (Abdya), Pantai Ujong Serangga juga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan luar seperti dari Aceh Selatan, Nagan Raya dan lainnya.

“Kebanyakan pengunjung di sini adalah orang Abdya sendiri, tapi pengunjung dari luar daerah seperti orang Alue Bili (Nagan Raya) dan Labuhan Haji (Aceh Selatan) juga sering ke sini pada hari Sabtu dan Minggu,” ujar Yetnita pemilik salah satu warung yang ada di bibir pantai tersebut, Senin, 9 Januari 2023.

“Biasanya kalau hari Minggu warung ini buka dari pagi, karena pengunjung di pagi hari juga terkadang ramai di sini,” sambungnya.

Untuk menunu destinasi wisata yang satu ini, akses yang sangat mudah dan bisa ditempuh dalam waktu beberapa menit dari ibukotanya atau sekitar 4 sampai 5 kilometer dari Blangpidie. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Susoh, tepatnya berada di Desa Padang Baru.

Tiket masuk yang masih gratis membuat pantai ini menjadi salah satu tempat bersantai warga Abdya di waktu sore hari. Banyak muda mudi dan keluarga dari berbagai kalangan nongkrong atau hanya sekadar singgah sebentar di pantai ini untuk beristirahat.

Pantai Ujong Serangga ini akan sangat ramai didatangi warga pada hari Minggu atau hari-hari libur nasional lainnya. Karena memang pantai yang satu ini menjadi tempat yang nyaman dan menawarkan pemandangan yang begitu indah kala sore hari.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang memilih Pantai Ujong Serangga sebagai tempat untuk bersantai setelah lelah menjalani aktivitas di siang hari.

Di sekitaran pantai ini banyak ditemui sejumlah warung yang menyediakan kursi untuk bersantai dan beraneka macam jenis makanan untuk memanjakan para wisatawan agar semakin nyaman ketika mengunjungi pantai ini.

Kursi-kursi tersebut biasanya pada hari libur akan penuh ditempati oleh wisatawan hanya untuk menyaksikan matahari tenggelam pada waktu sore menjelang malam.

Pantai ini menjadi salah satu tempat paling terbaik di Aceh Barat Daya untuk menyaksikan matahari tenggelam, karena pemandangan yang ditawarkan saat melihat sunset selalu memanjakan mata dengan gemuruh gelombang yang menambah suasana hati menjadi tenang.

“Pantai ini tempat terbaik untuk melihat matahari tenggelam, tempatnya pas dan bisa bersantai melihat sunset sambil mendengar suara gelombang,” kata Rahmi Suardi, salah seorang wisatawan asal Desa Padang Hilir, Abdya.