Pantai Parangtritis Salah Satu Objek Wisata Paling Favorit di Joga, Cocok Jadi Tempat Berakhir Pekan, Yuk Kepoin

Pantai di Jogja yang cocok jadi tempat melihat sunset
Sama seperti lirik lagu, selalu ada sesuatu di Jogja itu benar adanya bahwa Jogja memang banyak menyimpan destinasi wisata yang tidak ada habisnya.


Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta. Foto: Kolase Foto Instagram @pantaiparangtritis

YOGYAKARTA – Pantai Parangritis, sebuah pantai yang terletak di pesisir selatan Jawa dan berjarak kurang lebih 32 km dari arah selatan Yogyakarta, atau 1 jam dari pusat Kota Jogja.

Lokasi objek wisata Pantai Parangtritis ini ada di Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang dikelola oleh pemerintah setempat.

Di sebut Pantai Parangtritis, pantai ini dulu awalnya ditemukan oleh Dipokusumo, yaitu seorang pelarian Kerajaan Majapahit.

Dipokusumo melakukan semedi di daerah sekitaran pantai ini. Kemudian, Dipokusumo melihat air yang menetes dari arah semedinya atau disebut juga tumaritis dari celah batu karang yang di sebut parang.

Di pantai ini juga ada mitos, yaitu ketika berlibur atau ketika wisatawan berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis ini maka tidak dibolehkan memakai baju berwarna hijau.

Karena Pantai Parangtritis ini masih bagian dari Pantai Selatan dan di percaya juga sebagai daerah kekuasaan Nyo Roro Kidul.

Pantai ini juga memilki ciri khas yaitu palung laut dan memiliki kedalaman kurang lebih 2 sampai 6 km. dengan luas lebih kurang 951,2 h.

Adapun harga tiket masuk ke objek wisata ini hanya Rp.10.000 per orang, membayar parkir roda dua Rp.3000, roda empat Rp.5000 dan membayar parkir bus Rp.15.000. Objek wisata ini di buka 24 jam.

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis adalah bermian air di atas pasir serta menaiki bendi dan juga bisa menjadi tempat bermain layang-layang.

Selain 3 hal di atas, banyak lagi aktvitas yang bisa di lakukan di objek wisata ini. Tentunya punya dpot foto estetik dan kekinian serta bisa melihat sunset yang indah dikala senja datang.

Terbang dengan paralayang, jika mengunjungi tempat ini kamu harus menikmati pantai dari atas ketinggian 200 meter ari permukaan laut.

Naik bendi juga hal yang menyenangkan jika berkunjung ke pantai ini, menyusuri permukaan pasir dengan kereta kuda hingga ke ujung timur.

Naik kuda, tempat ini juga cocok jadi tempat berkuda, jika berkunjung kamu juga harus mencoba menaiki kuda di Pantai Parangtritis ini.

Kamu juga bisa mencoba naik ATV yang tidak kalah seru dan menarik dari menaiki kuda dan bendi. Kemudian terdapat juga Air Terjun Parang Endog terletak di sisi timur pantai tersebut.

Pantai ini juga dijadikan salah satu pantai terfavorit untuk surfing oleh wisatawan lokal maupun turis asing.

Pada malam hari, jika cuaca bagus maka pantai ini juga jadi tempat melihat bintang yang paling populer di Jogja.