Ini Dia Objek Wisata Sendang Tirta Kamandanu Kediri Yang Populer 2023, Yuk Kepoin

Objek wisata kediri yang wajib kamu kunjungi dan punya banyak sejarah
Memilih temat wisata yang asri dan sejuk memang sangat memikat hati apa lagi bersama keluarga sekedar quality time dan berakhir pekan.


Objek Wisata Sendang Tirta Kamandanu, Kediri. Foto: Kolase Foto Instagram @jalanjalankediri

JAWA TIMUR – Sebuah objek wisata sumber air panas dan air mancur panas yang bernama Sendang Tirta Kamandanu yang terletak di Dusun Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Tempat ini juga salah satu objek wisata yang termasuk objek wisata edukasi yang masih terus dilestarikan oleh pemerintah setempat. Tempat ini juga terletak 200 meter dari petilasan atau disebut juga tempat mokhsanya Raja Kediri Sri Aji Jayabaya.

Tempat ini merupakan situs peninggalan kerajaan di masa pemerintahan Raja Kediriri Sri Aji Jayabaya pada abad ke 12 lalu.

Tempat ini juga merupakan “patirtan” atau mata air yand dianggap suci oleh masyarakat setempat yang digunakan pada masa pemerintahan raja tersebut.

Adapun adat yang masih berlaku hingga saat ini di tempat itu adalah pada setiap tanggal 1 Muharram akan diadakan upacara adat oleh yayasan Hondodento Yogyakarta bersama dengan pemerintahan Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang dan menghormati Raja Sri Aji Jayabaya dan dijadikan agenda wisata budaya rutin tiap tahun.

Sangat cocok untuk kamun yang sedang berlibur di daerah Kediri untuk melihat dan menambah pengetahuan atau berwisata sambil beredukasi.

Bangunan yang ada pada objek wisata tersebut merupakan perpaduan dari 3 agama yaitu Hindu, Islam dan Budha. Selain itu, tempat ini juga sangat sejuk dan asri serta tentram dan damai.

Ada bebrapa spot foto yang menarik juga, cocok untuk kamu pecinta foto estetik karena tempat ini sangat rekomendasi.

Sendang Tirta Kamandanu ini juga sering disebut sebagai sumur yang diyakini sebagai tempat penyucian diri sang raja tersebut. Konon katanya juga tempat yang bisa menyembuhkan penyakit.

Objek wisata ini dibuka dari pagi hingga malam hari dan harga tiket masuk juga tidak ditetapkan karena nanti kamu hanya akan diminta uang sukarela saja.

Sangat disayangkan jika kamu sedang berada di lokasi Kediri tapi tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke objek wisata ini.