Ini Dia 2 Air Terjun yang Jadi Wisata Alam Terpopuler di Malang Jawa Timur

Air Terjun Coban Pelangi terlihat indah karena sering membiaskan warna pelangi
Malang merupakan kota dengan udara atau hawanya yang sejuk.

Coban Nirwana, Foto: Instagram @dindacahyani

MALANG - Hal ini dikarenakan letak geografis Malang yang dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Semeru, Gunung Bromo-Tengger, Gunung Kawi atau Gunung Arjuna.

Berkat pegunungan tersebut, Malang diberkahi oleh Tuhan dengan banyak air terjun atau coban yang sangat indah.

Selain banyak pantai yang eksotis, daerah yang dikenal dengan kota apel ini juga memiliki beberapa air terjun atau caban yang cantik. Tak diragukan lagi, kawasan Malang Raya juga menjadi destinasi para wisatawan yang mencari spot hunting yang bagus dan instagramable.

Tidak bisa dipungkiri lagi, wisata air terjun menjadi primadona wisata alam di Indonesia saat ini. Hampir setiap daerah memiliki air terjun andalan dan wajib untuk dikunjungi. Contohnya di Yogyakarta, yang bernama Air Terjun Sri Gethuk. Sedangkan Air Terjun Sekumpul menjadi ikon pariwisata di Bali.

Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

Objek wisata air terjun di Malang yang populer di kalangan anak muda ini bernama Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah. Pada dasarnya, air terjun ini sebenarnya tidak memiliki nama resmi, namun banyak yang menyebutnya demikian.

Tempat ini termasuk ke dalam destinasi wisata yang begitu indah dan jarang dikunjungi di Malang. Hal yang unik dari Coban adalah panoramanya yang indah dan bagus untuk berfoto. Karena belum banyak dikunjungi, Coban Nirwana masih minim dengan fasilitas, biaya untuk masuk ke lokasi ini pun masih gratis.

Coban Mbok Karimah ini terletak di Kecamatan Gedangan, salah satu kecamatan di Kabupaten Malang Jawa Timur. Akses menuju air terjun ini tidak begitu sulit dan cukup mudah, karena berada tempat ini berada di perbatasan antara Kecamatan Gedangan dan Sumber Manjing Wetan Malang.

Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi adalah wisata alam di Malang yang berada di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Wisata ini dinamakan Coban Pelangi karena air terjun tersebut sering membiaskan warna pelangi.

Wisata air terjun ini merupakan salah satu wanawisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, tempat ini dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Wisata ini ada di ketinggian 1.299,5 m di kaki Gunung Semeru. Adapun suhu udara di kawasan ini juga berkisar antara 19 hingga 23 derajat celcius.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Coban Pelangi adalah di pagi hari. Karena di pagi hari menjelang siang, sering muncul kabut yang lembut di sekitar coban. Embun pagi yang segar dan sejuk di coban ini sangat disayangkan apabila dilewatkan.

Di musim hujan, pengelola sering membatasi kunjungan hingga jam 4 sore. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sekitar Rp 5.000. Tersedia juga tempat parkir motor dengan harga Rp 2.000 dan parkir mobil seharga Rp 5.000.