Candi Borobudur Peninggalan Masa Lalu yang Jadi Tempat Wisata Terdekat dari Yogyakarta

Candi Borobudur pernah dibom pada tahun 1885 setelah pemugaran kedua
Candi Borobudur yang merupakan peninggalan sejarah di Indonesia ini termasuk ke dalam daftar tujuh keajaiban dunia.

Candi Borobudur, Foto: unsplash.com

MAGELANG – Candi umat agama Buddha ini dikelilingi taman yang cukup luas, serta terletak di antara pegunungan yang menjulang tinggi.

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 Masehi, dan candi ini diresmikan sebagai objek wisata pada 15 Juli 1980. Candi Borobudur kemudian dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

Di Candi Borobudur terdapat beberapa kegiatan atau fungsi, yang pertama sebagai tempat bersejarah, tempat wisata religi, tempat yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan sejarah, serta berfungsi sebagai tempat ibadahnya umat Buddha.

Candi Borobudur ini adalah peninggalan dari Dinasti Syailendra, dan didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana.

Hal uniknya adalah, bahwa Candi Borobudur merupakan kuil agama Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur dibangun untuk memuliakan raja-raja Syailendra (775-850 M) yang telah bersatu kembali dengan dewa yang menjadi asalnya.

Terdapat fakta-fakta unik dari Candi Borobudur, yang menjadikan candi ini sebagai tempat wisata yang paling dilirik wisatawan mancanegara, maupun wisata lokal. Fakta tersebut antara lain adalah:

Candi ini terdapat 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha, sehingga menjadikan Candi Borobudur menjadi sebagai pemilik relief Buddha terbanyak dan terlengkap di dunia.

Di Candi Borobudur ini pencurian arca seringkali terjadi. Arca kepala Buddha asli ini dicuri lalu dijual di pasar barang antik, kepada kolektor, serta ke pasar ilegal. Dari 504 arca Buddha, banyak ditemukan dalam kondisi yang memprihatinkan, yakni tanpa kepala.

Fakta unik lainnya adalah bahwa Candi Borobudur yang terletak di Magelang ini pernah dibom. Dua tahun setelah pemugaran kedua, pada 21 Januari 1985.

Pelaku menempatkan sebanyak 13 bom di beberapa stupa kecil. 9 dari 13 bom meledak lalu menghancurkan ratusan balok stupa. Pengeboman yang terjadi tersebut dikarenakan pemahaman radikal.

Selain itu, pemerintah Hindia Belanda sempat menyumbangkan patung berharga ke Thailand dan Inggris. Pemerintah Hindia Belanda saat itu memberikan artefak candi secara gratis dalam jumlah besar pada saat kedatangan Raja Thailand Chulalongkorn II.

Fakta unik lainnya adalah, pemerintah Hindia Belanda dulunya sempat mendirikan warung kopi di atas stupa saat candi ini pertama kali ditemukan.

Untuk tarif yang harus dikeluarkan wisatawan per orang adalah berbeda-beda menurut umur, usia 10 tahun ke atas Rp 50.000, 3-10 tahun: Rp 25.000. Dan rombongan pelajar/mahasiswa dikenakan biaya sebesar Rp 20.000, harus disertai surat pengantar dari sekolah atau universitas.

Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jarak tempuh jika dari Yogyakarta ke Candi Borobudur sekitar 41 km dan menempuh waktu selama 1 jam.