2 Museum Terpopuler di Surabaya yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Museum Kesehatan di Surabaya ada alat-alat santet di ruang pengobatan tradisional
Kota yang besar seperti surabaya tentunya memiliki sejarah yang panjang.

Museum Siola, Foto: @junae.id

SURABAYA - Apalagi kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Pahlawan. Melihat label yang diberikan saja, kita bisa berasumsi bahwa kota ini menyimpan sejarah yang melimpah.

Sejarah yang panjang pastinya terdapat bukti-bukti masa lampau yang masih bisa disaksikan hingga saat ini.

Surabaya, sebagai kota pahlawan, pasti menjaga baik peninggalan tersebut. Peninggalan itu bisa dilihat di beberapa museum yang ada di Kota Surabaya.

Berikut rekomendasi 2 museum populer di Kota Surabaya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Museum Surabaya (Siola)

Bagi pengunjung yang ingin melihat perkembangan Kota Surabaya dari waktu ke waktu, maka wajib untuk mengunjungi museum yang satu ini.

Museum ini termasuk yang banyak dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Surabaya. Hal ini dikarenakan Museum Surabaya Siola letaknya strategis, yaitu di jantung Kota Surabaya.

Gedung Siola sudah berdiri sejak tahun 1877 digunakan untuk mengoleksi benda-benda bersejarah Kota Surabaya.

Museum ini seperti ingin memberikan informasi kepada wisatawan tentang perkembangan pemerintahan Kota Surabaya sejak zaman Belanda hingga saat ini.

Museum ini buka hari Senin hingga Sabtu pukul 09.00 dan tutup 21.00 WIB. Museum Surabaya Siola berlokasi di Jalan Tunjungan Nomor 1, Genteng, Surabaya.

Museum Kesehatan

Museum Kesehatan merupakan cagar budaya yang khusus mengabadikan setiap perkembangan di dunia kesehatan.

Yang dipamerkan di dalamnya adalah, mulai dari peralatan kedokteran yang digunakan zaman dulu hingga peralatan yang digunakan sekarang. Di sana juga terdapat arsip kesehatan.

Hal unik yang bisa kita jumpai di museum ini adalah, di sana juga terdapat alat kesehatan tradisional yang di dalam museum ini berada di area khusus.

Saat melihat pengobatan tradisional pengunjung akan melihat alat-alat santet dan boneka jelangkung, hal ini tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda saat melihatnya.

Museum ini buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 dan tutup 15.00 WIB. Sedangkan Sabtu dan Minggu museum ini tutup.

Museum ini berlokasi di Jalan Indrapura Nomor 17, Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Surabaya.