2 Makam Sunan jadi Destinasi Wisata Religi Terdekat dari Kota Gresik yang Banyak Dikunjungi

Sunan Giri adalah murid dari Sunan Ampel yang juga merupakan pamannya
Kabupaten Gresik berasal dari kata Giri Gisik yang berarti gunung yang berada di pesisir pantai.
 
Makam Sunan Giri, Foto: Instagram @flat_deck

GRESIK - Hal itu sesuai dengan keberadaan Kabupaten Gresik yang bersebelahan dengan pantai. Di Gresik terdapat 18 kecamatan, 26 kelurahan dan 330 desa.

Kabupaten Gresik terkenal dengan kawasan industri semen bernama Semen Gresik yang berdiri sejak tahun 1953.

Selain itu, Kabupaten Gresik memiliki tempat wisata religi, makam orang suci atau sunan yang menjadi penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Berikut ini 2 destinasi wisata religi terdekat dari Kota Gresik, Jawa Timur, diantaranya adalah sebagai berikut.

Makam Maulana Malik Ibrahim

Maulana Malik Ibrahim merupakan seorang ulama yang pertama kali mendakwahkan Islam di Pulau Jawa. Sanad Syekh Maulana Malik Ibrahim yang sampai kepada Nabi Muhammad SAW dari jalur ayahnya.

Maulana Malik Ibrahim memiliki 3 istri, di antaranya adalah Siti Fatimah, Siti Maryam dan Wan Jamilah.

Maulana Malik Ibrahim dengan sabar mendakwahkan penyebaran agama Islam yang tidak bertentangan dengan agama dan kepercayaan masyarakat setempat. Hal ini membuat orang-orang berminat masuk agama Islam dengan cara yang baik.

Ia juga seorang saudagar yang dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar, raja, dan bangsawan setempat untuk mengajarkan ajaran agama Islam.

Wisata Religi Makam Maulana Malik Ibrahim terletak di Jalan Malik Ibrahim, Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jika dari Kota Gresik menuju Makam Maulana Malik Ibrahim, para wisatawan hanya menempuh jarak 1,2 km dan menempuh perjalanan selama 5 menit.

Makam Sunan Giri

Nama asli Sunan Giri adalah Ainul Yaqin Kanjeng. Sunan Giri mendapatkan julukan sebagai Raden Paku atau Joko Samudra. Sunan giri merupakan murid Sunan Ampel yang makamnya terletak di Surabaya. Sunan Ampel bukan hanya sebagai guru bagi Sunan Giri, tapi juga pamannya.

Sunan Giri adalah putra Syekh Maulana Ishak dan ibunya bernama Dewi Sekardadu. Sunan Giri dan Raden Mahdum pernah menimba ilmu di Mekkah kemudian saat naik haji tiba di Mekkah.

Karya Sunan Giri merupakan karya seni tradisional, seperti permainan yang disebut Jelungan, Cublak Suweng dan Gending.

Wisata religi Makam Sunan Giri terletak di Dusun Giri Gajah, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dari Kota Gresik untuk bisa ke Makam Sunan Giri juga terbilang dekat, hanya 3,8 km atau menempuh jarak selama 11 menit.