Simak Tips agar bisa FYP di TikTok, Siap-siap Viral!

Jika anda berhasil menerapkan tips ini, siap-siap lah viral
Di tahun 2022 ini, perkembangan media sosial atau bisa juga disebut dengan sosial media yang merupakan platform digital yang bisa memfasilitasi penggunanya agar bisa saling berkomunikasi dan membagikan konten yang bisa berupa tulisan, foto, ataupun video.

Ilustrasi TikTok. Foto: Freepik

Dengan kata lain media sosial juga merupakan sarana untuk bersosialisasi satu sama lain, baik itu teman, kerabat, atau keluarga yang sedang berjauhan atau dengan orang lain yang tidak kenal saling bersama-sama membagikan pengalaman atau cerita ke orang yang lainnya juga. Hal ini bisa dilakukan karena sosial media sendiri tidak ada batasan ruang dan waktu dalam berinteraksi.

Sebelum adanya platform sosial media seperti sekarang, jika dirunut perkembangannya dari tahun 1970-an yaitu dimulai dari sistem papan buletin yang bisa menghubungkan orang yang satu dengan lainnya. Biasanya hal ini dilakukan dengan menggunakan surat elektronik atau dengan mengunggah atau mengunduh perangkat lunak yang biasanya dibantu melalui saluran telepon yang terhubung dengan modem. Sekitar tahun 1980-an, komputer sudah menjadi hal yang umum dan media sosial pun semakin digemari.

Di tahun 1990-an, ada internet yang disebut dengan “Relay Chat” dan setelah itu, media sosial pertama yang diketahui pertama kali muncul adalah Six Degress yang lahir pada tahun 1997. Di aplikasi ini, para penggunanya bisa mengunggah foto profil dan bisa saling berteman satu sama lainnya dengan user lainnya. Lalu pada tahun 1999, blog mulai ramai untuk dikembangkan.

Sampai saat ini, sosial media yang digandrungi adalah Instagram, TikTok dan Facebook. Di mana sekarang tidak hanya mengandalkan foto dan tulisan saja, sosial media saat ini yang paling digandrungi adalah dengan mengunggah konten video yang bisa ditonton oleh penggunanya seperti platform sosial media satu ini yaitu TikTok.

TikTok sendiri adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform musik video, tidak hanya untuk bersosialisasi, namun pada aplikasi TikTok para pengguna bisa membuat video pendek yang unik dan cepat dengan mudah tanpa harus menggunakan bantuan dari aplikasi lainnya.

Aplikasi ini berasal dari negeri Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh seorang pengusaha bernaa Zhang Yiming yang juga merupakan seorang pendiri dari sebuah perusahaan berbasis teknologi yaitu ByteDance. Pada awal mula TikTok terkenal hampir di seluruh dunia, ditempat aplikasi ini lahir, Doujin adalah sebutan yang dijuluki oleh penggunanya di negara asalnya.

Awalnya yang hanya bisa sekitar 15 detik, hingga akhirnya sekarang bisa sampai lebih dari itu. Berikut beberapa fitur yang ada pada TikTok yang sampai saat ini di Indonesia masih ramai penggunanya, yaitu :

1. Penambahan musik

2. Adanya filter pada video

3. Filter stiker dan adanya efek video

4. Adanya filter pengubah suara atau voice changer

5. Filter lainnya seperti beautify

6. Adanya filter auto captions

7. Sampai ada fitur live

Selain fitur tersebut, ada juga istilah FYP atau For Your Page, dimana FYP merupakan laman yang muncul ketika pengguna membuka aplikasi tersebut. Laman ini berisi konten-konten populer yang muncul dan direkomendasikan untuk pengguna. Apabila konten Anda berhasil masuk di FYP dan bisa viral, maka akan berpeluang besar untuk mendapatkan viewer dari jutaan pengguna TikTok. Terus bagaimana caranya biar konten Anda bisa masuk ke dalam salah satu FYP? Berikut tips yang bisa Anda terapkan pada video TikTok Anda :

1. Adanya interaksi pengguna.

Video yang akan muncul dan lewat di FYP kamu biasanya adalah video yang sesuai dengan preferensi dari konten yang disukai, di komentari, dan akun yang diikuti sampai konten yang akan Anda buat.

2. Informasi pada video. Usahakan infomasi di video Anda jelas dan memancing rasa penasaran para pengguna lainnya serta informatif. Serta gunakan audio yang sedang ramai digunakan dan sertakan hastag.

3. Setelan pada akun.

Pada akun Anda diusahakan untuk menyetel dengan preferensi bahasa, negara, dan tipe perangkat yang dipergunakan.

Nah, beberapa tips ini bisa mulai Anda coba. Namun, apabila Anda ingin download video dari TikTok yang sudah Anda buat dan ingin dipost di sosial media lainnuya, cara download video TikTok tanpa watermark ini bisa Anda coba dengan beberapa cara baik dengan menggunakan smartphone maupun PC.