Simak Cara Menonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box (STB)

Jika televisi-nya belum mendukung, baru beralih ke-STB
Set Top Box (STB) merupakan perangkat penting untuk menunjang kualitas siaran televisi. Dengan hadir-nya STB tentu lebih nyaman nonton siaran TV analog maupun digital.

Ilustrasi nonton TV digital tanpa Set Top Box (STB). Foto: Freepik.

Simak cara menonton siaran TV digital tanpa menggunakan STB yang tertera dalam artikel ini samapai habis.

Perlu diketahu tanpa STB tidak bisa nonton siaran TV digital. Sekarang tanpa STB yang pastinya bisa nonton siaran TV digital. Untuk bisa nonton siaran TV digital tanpa harus ada STB, bisa langsung dicek perangkat televisi yang ada ditempat kediamannya masing-masing.

Ketika terdapat didalam layar TV ada pilihan DTV, maka TV tersebut telah bisa menangkap siaran TV digital tanpa harus memakai STB.

Selain cara tersebut di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar televisi yang ada di rumah mampu menangkap siaran TV digital dengan mudah.

Pertama, membuka laman yang sudah tertera diartikel ini. https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Tahap yang kedua, langsung klik menu perangkat TV digital yang terdapat di layar televisi dibagian atas.

Saat mengklik menu perangkat TV digital itu, di layar televisi kemudian ada muncul tiga pilihan kategori, yaitu nama perangkat, merk, dan model atau tipe.

Cara ketiga, pilih kategori "Televisi" pada bagian perangkat, dan masukkan merk serta model TV yang yang dimiliki.

Kemudian, nama model TV yang telah dimiliki di rumah masing-masing akan tersedia jika memang mendukung untuk menangkap siaran TV digital.

Jika televisi yang dimiliki belum mendukung untuk menangkap siaran TV digital, baru beralih mengunakan STB sebagai alat pelengkap agar siaran TV digital bisa dinikmati dengan nyaman.

Namun yang pasti, disarankan untuk membeli STB resmi telah lolos uji yang bersertifikasi Kominfo.

STB rekomendasi resmi dari Kominfo akan merasakan dengan apa yang diharapkan seperti gambar tajam, suara yang jernih pada layar televisi.

Harga perangkat STB TV digital diketahui juga beragam tergantung dari merek-nya, yang pastinya tidak terlalu tinggi.