Set Top Box Cepat Panas, Ini Cara Mengatasinya

Perlu langkah-langkah tertentu untuk menimalisir hal ini
Set Top Box (STB) salah satu cara untuk menikmati tayangan TV digital, maka dari itu juga membeli dengan harga yang dipasarkan dan telah lolos uji, layak, aman dipakai. Dimana sudah dikeluarkan sertifikat oleh Kominfo.

Set Top Box (STB) yang dimodifikasi menggunakan kipas angin. Foto: Tangkap layar You Tube, Java Yanto.

Dengan demikian, bagi pengguna STB berbagai tanggapan, disaat STB miliknya mengalami STB akan panas, ketika saat digunakan menikmati siaran TV.

Ketika STB panas ditakutkan lama-kelamaan dapat menimbulkan api atau kebakaran. Oleh karena itu, perlu langkah-langkah tertentu untuk menimalisir hal ini.

Seperti yang dilakukan oleh pemilik channel YouTube Warto Adi Dms, yang diunggah pada 30 November 2022.

Ia mengunakan kipas angin yang berukuran kecil dengan daya 5volt dan harganya pun tidak terlalu mahal. Kemudian dia memodifikasi sendiri yang ditambahkan kipas ukuran kecil tersebut.

"Kipas ini menggunakan daya 5volt DC, bisa dibeli di toko loak atau online," katanya.

Pada kipas tersebut, terdapat dua kabel yang nantinya akan digunakan untuk menyambungkan ke sumber daya.

Untuk kabel yang berwarna merah menandakan kutup positif, sedangkan yang berwarna hitam menandakan kutup negatif.

Kemudian sebagai sumber power, bisa menggunkan kabel casan HP yang sudah tidak terpakai.

Didalam casan biasanya terdapat beberapa warna kabel, putih, hitam, merah, hijau. Sedangkan yang diperlukan hanya dua warna saja yaitu, merah dan hitam, sisa kabelnya dipotong agar terlihat rapi.

Dalam hal penyambungan dengan kabel kipas dilakukan dengan warna yang sama. Kemudian rapikan ujung kabel yang telah tersambung menggunakan isolasi elektrikal berwarna hitam.

Pada ujung kabel lainnya yang berupa USB, bisa mencolokkan ke adaptor USB. Setelah tersambung sempurna, bisa mencoba menyalakan kipas tersebut.

Jika sudah menyala, letakkan kipas di atas STB agar ada angin yang keluar dari sela lubang STB.

"Jangan sampai terbalik, fungsi kipasnya bukan memompa udara, tapi mengeluarkan udara panas dari dalam," ujarnya.

Agar posisi kipas tidak berubah dan goyah karena getaran bisa merekatkannya. Caranya dengan menggunakan lem tembak pada sisi-sisi kipasnya.

"Demikian caranya ya, jadi STB gak panas lagi meski disetel berjam-jam, InsyaAllah STB adem tidak panas, semoga bermanfaat," pungkasnya.