Apakah iPhone 11 Anti Air, Ikuti Penjelasan di Artikel Ini

Telah teruji di kedalaman 6 meter selama 30 menit
Kebiasaan yang menggunakan handphone ketika ada cipratan air dan masuk debu dengan segera untuk membersihkannya. Untuk keluaran Apple iPhone 11 apakah sudah tidak diragukan lagi yang namanya basah atau debu?.

Ilustrasi iPhone 11. Foto: Pixels.

Pasalnya, iPhone memerlukan perawatan ekstra. Lalu, dilansir dari Apple iPhone 11 memang sudah pernah melakukan uji coba dibawah laboratorium yang bahwa iPhone 11 tahan air.

Berkat peringkat IP68 menurut standar IEC 60529 ditingkat kedalaman maksimal 6 meter dengan dorasi waktu selama 30 menit.

Yang membedakan setiap seri, termasuk iPhone 11 adalah kedalaman air dan durasi iPhone berada di dalam air tersebut.

Ketahanan terhadap percikan, air, dan debu bukanlah kondisi permanen dan ketahanan dapat menurun sebagai akibat dari keausan normal.

Tidak perlu panik apabila iPhone 11 terkena tumpahan, cukup bilas area yang terkena dengan air keran, lalu bersihkan iPhone sebelum dikeringkan.

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan apabila iPhone 11 basah?

1. Jika cairan selain air terciprat ke iPhone 11, bilas area yang terkena cipratan dengan air keran.

2. Bersihkan dengan kain lembut seperti kain lensa, pastikan iPhone-nya kering sebelum membuka SIM tray.

Boleh juga untuk mengeringkan ketuk ditangan, jangan terlalu keras tapi dengan cara yang lembut, konektor lightning harus menghadap kebawah guna untuk mengurangi kelebihan air.

3. Biarkan iPhone 11 di tempat yang kering dengan aliran udara. Menempatkan iPhone di depan kipas yang meniupkan udara dingin langsung ke konektor Lightning dapat membantu proses pengeringan.

Jangan mengeringkan iPhone menggunakan sumber panas eksternal atau memasukkan benda asing, seperti kapas atau handuk kertas, ke dalam konektor Lightning.

iPhone 11 dapat memperingatkan jika ada cairan di port Lightning saat menyambungkan kabel Lightning atau aksesori ke iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, atau versi lebih baru.

Bagaimana kalau iPhone 11 masuk debu?

Jika debu atau kotoran masuk ke iPhone, bersihkan dengan kain lembut yang tidak berbulu—misalnya, kain lensa.

Pastikan iPhone bebas dari debu sebelum membuka baki SIM. Jangan gunakan produk pembersih atau udara bertekanan.

Perlu untuk diketahui, mulai dari iPhone XR, iPhone 11 hingga iPhone 13 Pro Max, semua mode tersebut tahan terhadap tumpahan yang tidak disengaja dari cairan umum, seperti soda, bir, kopi, teh, dan jus.

Seperti contoh, pada seri iPhone 12 dan iPhone 13 memiliki peringkat IP68 menurut standar IEC 60529 yang memungkinkan iPhone tahan air pada kedalaman maksimum 6 meter hingga 30 menit.

Fitur tahan air iPhone 11 berada pada kedalaman maksimum 6 meter hingga 30 menit berkat peringkat IP68 menurut standar IEC 60529, bersama dengan iPhone XS dan iPhone XS Max.