Pasca Kebakaran, Pemkab Abdya Langsung Gerak Cepat, Ini yang Dilakukan

Tiga unit rumah hangus terbakar dalam musibah tersebut
Pasca kebakaran yang menghanguskan tiga unit rumah di Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Propinsi Aceh, pada hari ini Jumat, 9 September 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya langsung melakukan gerak cepat dengan mendirikan posko penampungan sementara dan menyalurkan bantuan masa panik.

Camat Susoh Teuku Nasrul saat mengecek kebutuhan korban di salah satu posko darurat. Foto: grup WA @taganaabdya

BLANGPIDIE - Hal itu seperti yang dikonfirmasi Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya, Armayadi, saat dihubungi Times.id.

Armayadi menyebut, setelah api berhasil dipadamkan, pihaknya langsung mendirikan posko darurat di lokasi untuk menampung para korban.

"Kita sudah mendirikan posko di lokasi tadi pagi. Untuk sementara para korban tinggal disana," ujar Armiyadi kepada Times.id, Jumat, 9 September 2022.

Armiyadi mengatakan beberapa posko yang didirikan disana juga berfungsi untuk menampung bantuan masa panik yang akan diberikan kepada korban. Baik yang berasal dari pemerintah maupun dari warga sekitar.

"Bantuan masa panik sudah kita salurkan, berupa sembako, Pakaian dan kebutuhan lainnya. Tidak hanya dari BPBK, dari Dinas Sosial bahkan warga sekitar pun ada, yang kini sudah kita tampung di posko tersebut," ungkapnya.

Saat disinggung masalah bantuan jangka panjang terhadap para korban, Kepala BPBK Abdya itu mengaku hal tersebut ranahnya Dinas Sosial. Tapi biasanya pemerintah akan memperbaiki atau membangun rumah warga yang terkena musibah kebakaran seperti ini.

"Mungkin itu lebih tepatnya ditanyakan langsung ke Dinas Sosial, karena biasanya mereka yang tangani. Namun, yang pasti kita semua saat ini sedang berusaha dan bekerja. Doakan saja, insyaAllah pemerintah akan memberikan yang terbaik bagi warganya," tegas Armayadi.

Lebih lanjut, Armayadi menyampaikan PJ Bupati Abdya, Darmansah juga telah hadir ke lokasi beberapa waktu yang lalu untuk melihat kondisi para korban.

Sementara itu, Camat Susoh, Teuku Nasrul saat dihubungi Times.id menyebut, pihaknya sedang fokus melakukan penanganan jangka pendek terlebih dahulu bagi warganya yang menjadi korban. Untuk jangka panjang nanti pihaknya akan berkomunikasi lagi dengan pihak kabupaten.

"Saat ini kita fokus pemenuhan kebutuhan pokok bagi korban. Untuk jangka panjang, nanti pemerintah akan berupaya memperbaiki atau merelokasi tempat tinggal mereka," tuturnya lewat sambungan seluler .