Menaker Janjikan Bantuan Subsidi Upah Cair Hari Jum'at, Berikut Kriterianya

Kecuali bagi ASN, TNI & Polri. Bansos ini diprioritaskan bagi pekerja
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, menargetkan untuk bantuan subsidi upah (BSU) senilai Rp 600.000 kepada para pekerja / buruh akan disalurkan pada minggu ini.
 
Ida Fauziyah. Foto: instagram/@Kemnaker.

Times.id - Ida juga menjelaskan, hari ini BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan data calon penerima BSU tahap pertama yakni sebanyak 5,09 juta pekerja.

Adapun dalam proses penyalurannya, Kemnaker menggandeng beberapa Bank yakni:

• Bank BNI

• Bank Mandiri

• Bank BRI

• Bank BTN

• BSI dan

• PT Pos Indonesia.

Data 5,09 juta pekerja calon penerima BSU itu akan dipadankan terlebih dahulu dengan kategori penerima yang sesuai kriteria. Kemudian, Kementerian Keuangan akan menyalurkan dananya ke bank-bank penyalur sesuai dengan data yang telah diverifikasi tersebut.

"Mudah-mudahan hari Jumatnya kira-kira bisa tersalurkan kepada penerima," ucap Ida dalam konferensi pers penyaluran BSU di Kantor Kemnaker, Selasa, 6 September 2022.

Adapun sasaran dari penerima BSU tahun ini ditargetkan yaitu sebanyak 14.639.675. Sementara untuk penyaluran BSU sisanya, Ida mengungkapkan selanjutnya BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan data selanjutnya.


Kriteria Calon Penerima BSU

Adapun beberapa kriteria calon penerima BSU tahun ini adalah:

• Para pekerja yang merupakan warga negara Indonesia. Kemudian peserta aktif dari program jaminan sosial Ketenagakerjaan sampai dengan peroode Juli 2022.

• Pekerja dengan gaji paling banyak sebesar Rp 3,5 juta / senilai upah minimum provinsi atau kabupaten/kota.

Ida juga mencontohkan upah minimum di DKI Jakarta Rp 4,7 juta, maka pekerja di DKI Jakarta dengan gaji Rp 4,7 juta masih berhak mendapatkan bansos.

Kecuali bagi ASN, TNI & Polri. Bansos ini juga diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima program keluarga harapan (PKH), program Banpres Usaha Mikro (BPUM), & penerima kartu pra kerja.

Ida juga menambahkan harapan nya agar BSU ini dapat tepat sasaran dan dirasakan langsung oleh masyarakat secara luas. Khususnya teman-teman para pekerja/buruh untuk bisa mempertahankan daya beli & memenuhi kebutuhan hidup.