Terkesan Cukup Simpel, Ini Makna dan Filosofi Logo HUT RI ke-77

HUT RI tahun ini memiliki tema 'Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat'
Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesiaa. Dimana, pada bulan tersebut Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaannya (HUT RI). Saban tahun, perayaan kemerdekaan diisi dengan penuh suka cita di setiap pelosok negeri. 

Logo HUT RI ke 77. Foto: Setneg

JAKARTA - Pada setiap edisi, HUT RI selalu memiliki makna yang berbeda. Hal ini tercermin dari Logo yang didesain berbeda pada setiap tahunnya. Untuk memperingati hari kemerdekaan yang ke–77 tahun 2022 ini, pemerintah pun telah meluncurkan logo yang akan digunakan.

Logo HUT RI ke-77 termuat dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang diterbitkan pada 12 Juli 2022. Selain logo, dalam surat edaran tersebut juga disebutkan tentang tema besar peringatan HUT RI tahun ini, yaitu ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Seperti logo-logo sebelumnya, logo HUT RI ke-77 tahun ini juga memiliki arti tersendiri. Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, berikut makna dan filosofi logo HUT RI ke-77:

1. Dua panah ke atas bermakna percepatan dan pergerakan

Bentuk angka 77 yang mirip dua anak panah ke atas melambangkan gerak cepat dalam memperbaiki kondisi indonesia agar bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua anak tangga yang berarti progres dan pembangunan

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress serta pembangunan Indonesia di segala din.

3. Bagian atas terpotong yang bermakna demokrasi dan keterbukaan

Bagian atas yang terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis miring dan sudut runcing yang memiliki arti semangat juara dan Garuda Pancasila

Garis miring dan sudut runcing terinspirasi dari bambu runcing. Sedangkan kepala Garuda Pancasila melambangkan semangat perjuangan untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua garis melengkung yang bermakna sinergi dan harapan

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam hal gotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel serta dinamis menuju Indonesia Maju.

6. Sudut penghubung yang berarti penghubung antar bangsa

Sudut penghubung bermakna peran Indonesia dalam forum G20, yaitu menyatukan suara negara-negara maju untuk ikut memberi kontribusi dalam menyelesaikan berbagai isu serta tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet angka 1 yang bermakna Persatuan Indonesia

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhineka Tunggal Ika. Siluet ini memiliki makna semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat dan bersatu.