Tak Tanggung-Tanggung, Dua Komjen Langsung Turun Gunung Periksa Irjen Sambo

Kedua jenderal bintang tiga itu mendatangi Mako Brimob pada hari ini, Senin (8/8).
Dua Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi bersama beberapa anggota tim khusus (Timsus) lainnya mendatangi Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok Jawa Barat pada Senin, 8 Agustus 2022. 

Irjen Ferdy Sambo. Foto: Kolase Foto FB @Kemal Manggaukang

JAKARTA - Kedatangan kedua jenderal bintang 3 bersama tim itu, dalam rangka pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo terkait kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Hal tersebut seperti yang dikonfirmasi oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

"Pemeriksaan di Mako Brimob, Timsus semuanya, langsung dipimpin oleh Pak Wakapolri, kemudian Pak Irwasum," ujar Prasetyo kepada wartawan di depan Mako Brimob, Senin, 8 Agustus 2022.

Dedi menjelaskan, pemeriksaan ini dalam rangka menganalisa atau mengkonfrontir kembali hasil dari laboratorium forensik. Karena ia mengatakan, Timsus Polri harus bekerja dengan teliti dan penuh kehati-hatian dalam menangani kasus ini, dalam artian harus mengedepankan penyidikan berbasis ilmiah atau scientific crime investigation (SCI).

"Pemeriksaan saksi dan menganalisa kembali hasil dari laboratorium forensik, semua bukti nanti akan disampaikan," ujarnya.

Adapun kedua Komjen yang hadir pada pemeriksaan hari ini yaitu Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto. Keduanya dikabarkan memimpin langsung pemeriksaan terhadap beberapa saksi termasuk Jenderal Ferdy Sambo itu sendiri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Irjen Jenderal Ferdy Sambo telah ditempatkan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

Penempatan di tempat khusus itu dalam rangka pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik dalam hal penanganan TKP terkait insiden tewasnya Brigadir J di rumah dinasnya pada 8 Juli 2022.