Sejarah Hari Pramuka Diperingati Setiap 14 Agustus

Pramuka adalah bagian dari perjuangan kemerdekaan Indonesia
Gerakan Pramuka diresmikan pada 14 Agustus 1961, tepat hari ini 61 tahun kelahiran pramuka di Indonesia.

Ilustrasi Hari Pramuka. Foto: freepik.

TIMES.ID - Sejarah gerakan pramuka di Indonesai sudah muncul sejak zaman Hindia Belanda tahun 1912. Gerakan ini awalnya dimulai oleh sebagian kelompok pandu di Batavia (Jakarta) cabang dari Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO).

Gerakan ini disahkan oleh pemerintah Hindia Belanda dengan nama Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda atau Nederlands Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) pada tahun 1914.

Awalnya, gerakan pandu NIPV hanya diikuti oleh orang keturunan Belanda saja.

Kemudian, pada tahun 1916 muncul organisasi Javaansche Padvinders Organisatie (JPO), gerakan pandu yang di ikuti orang Indonesia.

Organisasi JPO di dirikan di Surakarta, Jawa Tengah, dipimpin oleh Mangkunegara Vll, Raja Pura Mangkunegaran.

Gerakan Pramuka semakin berkembang di indonesia, sehingga pihak belanda melarang organisasi yang di sebut pandu itu selain milik Belanda menggunakan istilah Padvinder. Dikutip dari kemdikbut.go.id.

Setelah kemerdekaan, lahir lah gerakan Pramuka yang besifat Nasional dengan nama Pandu Rakyat Indonesia pada tahun 28 Desember 1945.

Gerakan Pandu Indonesia semakin berkembang sehingga menarik perhatian negara luar. Salah satu nya Boden Powell merupakan bapak Pandu Dunia tertarik mengunjungi Indonesia.

Pada awal Desember 1934 Boden Powell bersama keluarga nya mendatangai Batavia, Semarang, dan Surabaya.

Perkemahan All Indonesian Jamboree atau Perkemahan Kepanduan Indonesia Omoem pertama berlangsung di Yokyakarta pada 9 sampai 12 Juli 1942.

Seiring berjalan waktu, pada tahun 9 Maret 1961 diresmikan nama pramuka atau di sebut hari atunas agerakan Pramuka.

Setelah itu, pada 20 Mei 1961 terbit keputusan presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang gerakan Pramuka, Hari Permulaan Tahun Kerja.

Kumpulan gerakan Pandu Indonesia meleburkan diri kedalam gerakan Pramuka dengan memyebut Gerakan Hari Ikrar Gerakan Pramuka tahun20 Juli 1961.

Akhirnya Gerakan Hari Pramuka di sahkan atau diresmikan secara Nasional kepada masyarakat dalam sebuah upacara di halaman upacara Negara, pada 14 Agustus 1961.