Profil Brigjen NA, Anggota TNI Penembak Kucing

Seputar informasi Jawa Barat
Brigjen NA adalah anggota dari TNI Angkatan Laut dari satuan Korps Marinir. Ia merupakan alumni dari Akademi Angkatan Laut (AAL) 1989.

kucing. Foto: pixabay/@susannp4.

TIMES.ID - Sebelum ia bertugas di Sesko TNI, perwira bintang satu ini pun pernah menjabat sebagai Kadispotmar (Kepala Dinas Potensi Maritim) TNI AL, Komandan Pangkalan Utama AL (Lantamal) X/Jayapura & Wakil Gubernur AAL.
Penembak Kucing 16 Agustus 2022

Pada Selasa lalu 6 ekor kucing ditemukan dengan kondisi tertembak di kawasan Sesko TNI di Jln Martanegara, Bandung - Jawa Barat. 4 ekor kucing di antaranya mati dan dua lainnya luka. Kabar penembakan kucing itu mencuat & menjadi viral pada Selasa, 16/8/22 di medsos.

Sementara itu, pihak TNI membenarkan kucing itu ditembak oleh anggota mereka. Penembak kucing itu disebut berpangkat brigadir jenderal dengan inisial NA.

"Komandan Sesko TNI (Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia) & Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing dengan menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang,16/8/22, sekitar jam 13.00-an," Ucap Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa pada siaran pers, Kamis (18/8).

Mayjen Prantara tidak menjelaskan nama lengkap NA. Namun, di medsos sudah beredar nama panjang NA tersebut disertai dengan perubahan penulisan yang ada di Wikipedia.

Menurut Mayjen Prantara, Brigjen NA dinilai melanggar sejumlah pasal dari dua undang undang.

"Tim Hukum TNI akan menindaklanjuti proses hukum Brigjen TNI NA, khususnya menyangkut Pasal 66 UU Nomor-18 Thn 2009 (tentang Peternakan & Kesehatan Hewan) dan Pasal 66A, Pasal 91B UU Nomor 41 thn 2014 (tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan)," Ungkap Prantara.

Penyelidikan kasus ini atas perintah dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Kabarnya, Brigjen NA menembak kucing bukan dikarena membenci kucing melainkan karena alasan menjaga kebersihan dan kenyamanan sekitar lingkungan tempat tinggal.