Piala AFF U-16: Gasak Singapura 9-0, Timnas Indonesia Geser Vietnam dari Puncak Klasemen

Di pertandingan ketiga nanti, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam untuk memperebutkan satu tiket ke babak semi final
Pertandingan kedua Grup A antara Indonesia vs Singapura baru saja kelar. Pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman itu berhasil dimenangkan timnas Indonesia dengan skor telak 9-0.

Nabil rayakan hatricknya ke gawang Singapura. Foto: Kolase Foto Instagram @PSSI

YOGYAKARTA - Gol kemenangan Indonesia dilesakkan melalui hattrick Muhammad Nabil, Brace Kafiatur Rizky dan masing-masing satu gol dari Hanif Ramadhan, Riski Aprisal, Waliy Marifat serta I Komang Ananta.

Jalannya Pertandingan

Anak-anak Garuda Muda langsung mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Hasilnya, baru 3 menit laga berjalan, Muhammad Nabil langsung bisa mencatatkan namanya di papan skor usai tendangan mendatarnya gagal diantisipasi oleh kiper Singapura.

Tak butuh waktu lama, pada menit ke 18, Nabil kembali menyarangkan gol ke gawang Singapura, Berawal dari umpan silang, Nabil yang tak terkawal dengan mudah menyundul bola. Dan skor pun menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Empat menit kemudian, giliran Hanif Ramadhan yang memberikan kontribusi bagi timnas Indonesia usai tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau Efan Qiszman.

Usai unggul 3-0, Indonesia belum mengendorkan serangan. Hal ini terbukti setelah pada menit 29, Nabil berhasil mengukir hattrick, setelah sundulannya tak mampu dihalau kiper singapura.

Sementara itu, pada menit ke 35, Indonesia kembali menambah pundi-pundi golnya. Kali ini Kafiatur Rizky yang menjebol gawang Singapura usai menerima umpan dari Arkhan Kaka.

Menjelang babak pertama berakhir, Kafiatur Rizky berhasil membuat brace di pertandingan kali ini. Tembakan kerasnya mampu menghujam gawang Singapura tanpa mampu dihentikan Qizsman. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Timnas 6-0.

Memasuki babak kedua, anak asuh Bima Sakti masih bermain menyerang meski sudah unggul setengah lusin atas lawannya. Sementara timnas Singapura terlihat sudah mulai mampu sedikit mengimbangi permainan anak-anak Garuda Muda.

Namun, Memasuki menit ke 59, akhirnya Indonesia kembali sukses menambah gol lewat tendangan melengkung Riski Aprisal dari luar kotak penalti. 7-0 untuk Timnas Indonesia.

Pada menit ke 78, terjadi sedikit insiden di kotak penalti Singapura. Waily Marifat dilanggar di kotak terlarang, sehingga tanpa ampun wasit langsung menunjuk titik putih. Waly yang mengambil sendiri tendangan penalti tersebut, mampu memperdayai kiper Singapura sehingga skor kembali berubah menjadi 8-0 untuk Indonesia.

Di menit-menit akhir pertandingan, Timnas Indonesia akhirnya menggenapkan skor menjadi 9-0 setelah I Komang Ananta sukses menyambar umpan silang dan menjadikannya sebagai gol penutup.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia berhasil menggeser Vietnam dari puncak klasemen sementara Grup A. Meski sama-sama memiliki nilai 6, namun skuat Garuda unggul selisih gol.

Matchday ketiga nanti, yang mempertemukan Indonesia vs Vietnam merupakan laga hidup mati diantara keduanya. Karena sesuai regulasi, hanya juara grup yang lolos ke babak semi final.

Meski demikian, Indonesia sedikit diiuntungkan. Andai mampu menahan imbang Vietnam, maka timnas dipastikan melenggang ke babak semi final karena memiliki margin gol lebih baik atas Vietnam.