Pengamat Prediksi Relawan Jokowi Bakal Lahirkan Partai Baru di Musyawarah Rakyat

Musyra digelar untuk cari figur Capres, tapi berpotensi bikin parpol
Musyawarah Rakyat (Musyra) Relawan Jokowi diprediksi tidak cuma untuk mencari figur calon presiden. Akan tetapi juga berpotensi melahirkan partai baru.

Pengamat politik Hendri Satrio. Foto: Ilustrasi Times.id dari kolase foto Instagram @hendri.satrio.

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari para relawan Jokowi, Musyra rencananya bakal berlangsun pada 27 Agustus 2022 mendatang. Hajatan ini jadi sorotan, karena kembali digaungkan setelah pertemuan di Istana Bogor, Jumat 27 Juli 2022.

Ada sekitar 33 orang relawan dari 17 organisasi diundang Jokowi. Mereka menggelar pertemuan tertutup.

Tak ayal, berbagai spekulasi pun muncul. Salah satunya, soal kemungkinan agenda ini bisa mengarah ke cikal bakal pembentukan partai baru.

Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio menilai Musyra bisa jadi cikal bakal terbentuknya parpol baru. Partai ini diprediksi bakal dikomandoi oleh Presiden Jokowi.

"Relawan pak Jokowi yang katanya tegak lurus kepada pak Jokowi, yang belum dibubarkan oleh pak Jokowi, yang kemarin lagi-lagi dikumpulkan di Istana oleh pak Jokowi akan membuat musyawarah rakyat," kata Hendri Satrio dalam postingan video yang diunggah ke akun Twitternya @satriohendri, Senin 1 Agustus 2022.

Pertemuan ini sebut Hensat memang dalam rangka mencari figur calon presiden yang akan ditawarkan kepada parpol. Tapi bisa jadi juga dimaknai sebagai bentuk kritikan dari presiden Jokowi kepada parpolyang belum bisa menmukan calon pemimpin untuk mengantikan dirinya.

"Atau ini adalah usaha untuk membentuk cikal bakal yang nantinya berubah menjadi partai politik yang dipimpin oleh pak Jokowi," tandasnya.