Miris, Iringan Mobil Polisi Diteriaki Warga dengan Kata Sambo

Fenomena ini dikomentari warganet dengan berbagai ungkapan yang disertai sindiran
Ibarat kata pepatah, gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga. Mungkin itulah perumpamaan yang tepat untuk institusi Polri saat ini.

Mobil polisi yang diteriaki warga. Foto: Tangkapan layar video di Twitter @alvin lie

JAKARTA - Citra kepolisian benar-benar tercoreng dimata sebagian masyarakat akibat kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Dimana, kasus tersebut diduga melibatkan beberapa oknum polisi, bahkan ada yang sudah berpangkat jenderal.

Hal itu terlihat pada sebuah video yang di upload oleh seorang Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN), Alvin Lie di akun Twitternya.

Dalam video tersebut awalnya terlihat iring-iringan mobil polisi yang sedang melintas di jalan raya. Kemudian tiba-tiba terdengar warga meneriaki dengan kata-kata "Ferdy Sambo, Sambo, Ferdy Sambo, Sambo," teriak warga dengan suara kencang.

Hal itu tentu saja merupakan sebuah sindiran terhadap institusi Polri. Dan juga bisa diartikan sebagai bentuk ungkapan kekecewaan publik yang menganggap kinerja polisi sudah tidak bisa dipercaya lagi sepenuhnya.

Video tersebut pun lantas viral dan hingga kini telah wara wiri di media sosial. Banyak netizen yang mengaku cukup miris dengan fenomena ini.

Berikut beberapa komentar warganet di akun Twitter Alvin Lie.

"Miris, ini namanya gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga, kayak udah ga ada harga diri lagi, padahal tidak semua polisi seperti Pak FS," tulis akun @Nyimah Ul***

"Pengakuan teman yang suaminya polisi, malu pake seragam coklat ini, ditutup jaket aja," timpal akun @khaerul***

Namun, ada juga warganet yang merasa kasihan, karena menurutnya masih ada polisi yang baik dan dapat dipercaya.

"Kasian polisi yang jujur, walaupun cuma segelintir," komentar akun @titotgard***.

"Ini yang pantas disebut oknum, segelintir," tambah akun twitter @amri***

Sementara itu, dalam cuitannya, Alvin lie mengatakan bahwa ia tidak tahu dari mana video tersebut berasal. Ia mengaku menemukannya di grup WhatsApp. Dan Alvin Lie pun meminta yang merasa pemilik video viral itu agar segera menghubunginya biar bisa dicantumkan di cuitan Twitternya.

Hingga berita ini ditayangkan, cuitan Alvin Lie itu sudah mendapat 2.124 retweet dan disukai 4.955.