Mengenal Komjen Pol Ahmad Dofiri, Profil dan Perjalanan Karirnya

Lulusan terbaik dan pernah meraih penghargaan Adhi Makayasa
Mabes Polri telah menggelar sidang KKEP (Komisi Kode Etik Polri) terhadap Irjen Pol. Ferdy Sambo, Kamis 25 Agustus 2022. Sidang tersebut dipimpin oleh Komjen Pol Ahmad Dofiri, Jenderal bintang tiga yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam).
Komjen Pol Ahmad Dofiri

Times.id - Dalam sidang tersebut, Ahmad Dofiri didapuk sebagai Ketua. Ia menyidang jenderal bintang dua yang merupakan eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan Brigadir J.


Banyak yang ingin tahu biografi dan sepak terjang Komjen Ahmad Dofiri, berikut selengkapnya:

Komjen Pol Ahmad Dofiri lahir di Indramayu, Jawa Barat, pada tanggal 4 Juni 1967.

Komjen Pol Ahmad Dofiri adalah akademisi, angkatan tahun 1989 yang juga merupakan lulusan terbaik dengan penghargaan sipil Adhi Makayasa.

Komjen Pol Ahmad Dofiri juga mengenyam pendidikan di PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian), Sespim Polisi Lembang, dan di Lemhannas RI PPRA XLVIII pada tahun 2012.

Komjen Pol Ahmad Dofiri menjabat sebagai Kabaintelkam di era Presiden Joko Widodo sejak 31 Oktober 2021 lalu yang menggantikan Paulus Waterpauw.

Sebelumnya Komjen Pol Ahmad Dofiri menjabat sebagai Kepala Kepolisian di daerah Jawa Barat dengan masa jabatan 16 November 2020 sampai 31 Oktober 2021.

Ahmad Dofiri juga pernah menjabat sebagai Asisten Logistik Kapolri dalam periode 6 Desember 2019 sampai 16 November 2020.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Jabar, Komjen Pol Ahmad Dofiri terlebih dahulu menjabat sebagai Kapolda Banten & Kapolda DI Yogyakarta. Ahmad Dofiri menjadi Kapolda DI Yogyakarta pada rentang waktu 14 November 2016 sampai 6 Desember 2019. Pada saat itu dia menggantikan Prasta Wahyu Hidayat.

Setelah menjadi Asisten Logistik Kapolri, Komjen Pol Ahmad Dofiri digantikan oleh Asep Suhendar. Yang sebelumnya, pada rentang waktu 14 April 2016 sampai 5 Oktober 2016, dia menjabat sebagai Kapolda Banten.

Komjen Pol Ahmad Dofiri mengawali kariernya di kepolisian sebagai Kanit Resintel Polsekta Tangerang Polda Metro Jaya pada tahun 1990. Lalu pada tahun 2005 dia menjadi Kassubag Jabpamentil Bagian SDM Polri.

Komjen Pol Ahmad Dofiri juga pernah menjabat sebagai Kapolres Bandung pada tahun 2007 dan Wakapolwiltabes Bandung pada tahun 2009. Dia kemudian dipindahkan ke Yogyakarta dan menjadi Kapoltabes di sana.

Pada tahun 2010, Komjen Pol. Ahmad Dofiri dimutasi sebagai Kabag Kermadagri Robangpers SDE SDM Polri. Di tahun yang sama dia juga ditunjuk sebagai Koorspripim Polri. Lalu menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Binkar SSDM Polri pada tahun 2012. 

Selain pernah menjadi Kapoltabes, pada tahun 2013 Ahmad Dofiri juga menjadi Wakapolda Yogyakarta. Setelah itu dia kembali ditunjuk di bidang SSDM Polri pada tahun 2014, menduduki Karobinkar SSDM Polri. Pada tahun 2016, setelah menjabat sebagai Kapolda Banten, ia dimutasi sebagai Karosunluhkum Divkum Polri.