Masak Mie Aceh, Aroma Rempahnya Bikin Nagih

Ternyata Mie aceh memiliki resep yang gampang
Mie Aceh adalah mie yang terbuat dari tepung dan memilki aroma rempah khas Aceh. Selain di masak dengan digoreng, mie aceh juga sering di sajikan dengan daging sapi, udang, dan lainnya. 

Ilustrasi mie. Foto: freepik.

Terkadang, memasak mie dengan cara yang sama bisa membuat bosan. Coba bikin mie aceh dengan bergai kenikmatan rempahnya.

Mie aceh harus di masak dengan racikan bumbu rempah dan diberikan beberapa menu tambahan seperti daging, udang, cumi, gurita bisa membuat kenikmatan mie aceh lebih terasa.

Tidak hanya itu, masak mie aceh pasti tidak terlepas dari bawang, tomat dan ditambah kerupuk sebagai pendamping.

Untuk mendapatkan rasa yang khas, ini resep rempah untuk mie aceh dari buku 'Mie Goreng dan Mie Rebus Populer Daerah'.

1. Haluskan bumbu berikut: 4 sdm bawang merah iris, 3 sdm bawang putih iris, 3 sdm cabai merah, 1 sdm kunyit iris, 1 sdt jintan, 1 sdt merica, 1 sdm garam.


2. Setelah di haluskan bahan diatas, siapkan, 400 gram mi kuning basah, siap pakai, 150 gram daging sapi has dalam, iris dadu kecil, 150 gram udang, belah menjadi 2 bagian,100 gram taoge, 100 gram kol, 1 L air, 3 sdm daun bawang iris, 2 sdm seledri iris, 3 sdm minyak goreng


3. Ini beberapa bahan pelengkap seperti Emping goreng, Bawang goreng, Daun seledri iris, Acar mentimun.

Terkadang, karena tidak mengetahui resep masak mie aceh, kita lebih memilih untuk membelinya. Kini, resep di atas bisa membantu anda untuk menikmati mie aceh dengan kaya rempah di rumah.

Jika anda binngung cara memasaknya, berikut kami beri ulasan bagaimana cara memasak mie aceh.

1. Nyalakan kompor dengan api sedang, panaskan 3 sendok minyak makan (sesuai kebutuhan). Kemudia setelah minyak panas, tunis bumbu yang telah dihaluskan.


2. Sambil menunggu tumis bumbu yang telah di haluskan, rebus daging sapi atau udang di panci yang berbeda hingga empuk. Jika dirasa sudah empuk, angkat dan tiriskan.


3. Lalu, masukkan kol, irisan bawang merah, sedikit cabe jika mau, toge, dan sedikit sayur hingga layu. Aduk hingga merata dan msukkan daging atau udah yng telah di siapkan.


4. Kemudian, matikan kompor jika sudah matang, hidangkan mie aceh goreng saat panas dan taburi bahan tambahan seperti bawang goreng, acar goreng, daun seledri iris, dan kerupuk.

Mungkin dengan sedikit penjelasan ini bisa membuat anda lebih mengerti resep yang di gunakan untuk memasak mie Aceh.