Man United Dipermalukan Brighton 1-2, Debut Erik Ten Hag Berakhir Pahit

Ronaldo sempat dicadangkan pada babak pertama. Ia baru dimainkan pada pertengahan babak kedua
Manchester United menderita kekalahan mengejutkan usai takluk di kandang sendiri saat menjamu Brighton & pada matchday pembuka liga Inggris 2022.

Bruno Fernandes mengontrol bola saat lawan Brighton. Foto: Kolase Foto Instagram @manchesterunited

JAKARTA - Pertandingan yang digelar di stadion Old Trafford Hove pada Minggu, 7 Agustus 2022 itu dimenangkan tim tamu dengan skor 1-2.

Tak pelak, kekalahan ini membuat pelatih setan merah yang baru ditunjuk menggantikan Ralf Rangnick, Erik Ten Hag harus menanggung malu. Pasalnya, debutnya di pertandingan perdana Liga Inggris berakhir dengan pahit.

Brighton sempat unggul 2-0 pada babak pertama usai Pascal Gross mencetak brace, masing-masing pada menit 30 dan 39.

Man United sempat memperkecil ketertinggalan pada babak kedua lewat gol bunuh diri pemain Brighton, Alexis Mac Allister, pada menit ke 68. Namun, ternyata itu menjadi gol satu-satunya setan merah di laga itu.

Jalannya Pertandingan

Di awal laga, setan merah mampu menguasai permainan. Bahkan Bruno Fernandes sempat memiliki peluang pada menit ke-7. Tapi sepakannya masih melenceng dari gawang Brighton.

Setelah itu, tim tamu mulai mengambil alih permainan. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan anak asuh Graham Potter. Namun, kokohnya lini pertahanan Man United membuat gawang yang dijaga De Gea tetap perawan.

Akhirnya, Brighton mampu memecah kebuntuan usai pemain asal Jerman, Pascal Gross mencetak gol pada menit ke 30. Gol itu bermula dari umpan tarik Danny Welbeck yang mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Gross.

Sembilan menit kemudian, Gross kembali jadi momok menakutkan bagi lini pertahanan Man United. Ia berhasil menciptakan brace pada pertandingan tersebut usai memanfaatkan bola muntah hasil tepisan David De Gea. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-2.

Pada babak kedua, Erik Ten Hag mulai mengubah taktik permainan. Sang Superstar Cristiano Ronaldo yang awalnya dicadangkan mulai dimasukkan pada menit ke-53 untuk menggantikan Fred.

Serangan demi serangan terus dibangun tim tuan rumah untuk mengejar ketertinggalan. Bahkan Eriksen sempat mendapat peluang emas pada menit ke-66. Bola sepakan kerasnya masih bisa ditepis kiper Brighton, Sanchez.

Akhirnya, gol yamg ditunggu-tunggu publik tuan rumah hadir juga, tepatnya pada menit 67. Berawal dari sepakan pojok, pemain Brighton Alexis MacAllister yang berusaha membuang bola, malah masuk ke gawang sendiri. Skor berubah 1-2.

Usai gol tersebut, Setan merah terus melancarkan tekanan ke lini pertahanan tim tamu. Namun, hingga peluit akhir dibunyikan, tak ada gol yang tercipta. Man United pun keok di kandang sendiri dari tim tamu dengan skor 1-2.

Susunan Pemain

Manchester United: David De Gea; Diogo Dalot, Harry Maguire, Lisandro Martinez, Luke Shaw (Tyrell Malacia 90'); Scott McTominay (Donny Van de Beek 78'), Fred (Cristiano Ronaldo 53'); Jadon Sancho (Anthony Elanga 90'), Bruno Fernandes (Alejandro Garnacho 90'), Marcus Rashford; Christian Eriksen.

Brighton & Hove Albion: Robert Sanchez; Adam Webster, Lewis Dunk, Joel Veltman; Leandro Trossard (Tariq Lamptey 76'), Moises Caicedo, Alexis MacAllister, Solly March (Levi Colwill 90'); Adam Lallana (Enock Mwepu 76'), Pascal Gross; Danny Welbeck (Deniz Undav 90')